Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan

Diperbarui: 16 April 2021   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesadaran kebersihan lingkungan harus dimulai dari sekarang. | lifebuoy.co.id

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk didalamnya debu, sampah dan bau. Di indonesia masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap hari dan setiap tahun trus meningkat. Oleh karena itu kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karenadapat menciptakan kehidupan yang aman,bersih,sejuk dan sehat.

Menjaga lingkungan yang sehat merupakan upaya untuk mencegah penyakit atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik dari aspek fisik,kimia,biologi,mauoun sosial. Kualitas kesehatan berawal dari kesehatan lingkungannya yang ditentukan melalui pencapaian atau pemenuhan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan.

Timbulnya penyakit atau gangguan kesehatan berawal dari lingkungan yang tidak sehat sehingga kita wajib menjaga lingkungan agar sehat selalu.Lingkungan yang sehat adalah lingkunagn yang stantar baku mutu kesehatan lingkungannya terpenuhi. Menurut peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2014 tentang kesehatan lingkungan bahwa standar baku mutu kesehatan lingkungan ditetapkan pada media lingkunagn seperti air,udara,tanah,pangan,sarana,dan bangunan serta vektor dan binatang pembawa penyakit. Lingkungan yang perlu selalu dijaga kesehatannya meliputi peermukiman, tempat kerja, tempat rekreasi, serta tempat dan fasilitas umum.

Kita semua wajib ikut serta untuk mewujudkan kesehatan lingkunagn. Mewujudkan lingkungan yang sehat bukan kewajiban perorangan, institusi pemerintah atau swasta tapi kita semua harus bergerak mewujudkannya tanpa saling mengandalkan baik dilingkungan tempat tinggal,tempat kerja tempat rekreasi, serta tempat dan fasilitas umum lainnya.

Dengan semboyan "mulai dari diri sendiri" kita gerakkan budaya menjaga kebersihan disetiap lingkungan. Kita mulai menyadari akan pentingnya menjaga lingkunagan setelah penyakit menyerang kita atau ketika suatu bencana terjadi. Penyakit demam berdarah dengue(DBD) adalah salah satu dampak dari kelalaian kita dalam menjaga lingkungan dan banjir merupakan akibat kita buang sampah kedalam aliran sungai.

Sudah jelas,bahwa dengan lingkungan sangat berdampak besar bagi kesehatan kita.Banyak cara untuk selalu menjaga lingkungan agar selalu bersih dan sehat. Mengelola sampah,melaakukan penghijauan,melakukan jumat bersih, menjaga sanitasi air sungai tidak mencemari aliran sungan dengan bahan kimia berbahaya (untuk perusahan kecil, menengah, dan besar), mentaati pemerintah tentang larangan merokok ditempat umum yaitu undang undang.dari semua cara di atas tidak akan terlaksanakan bila kesadaran setiap orang akan pentingnya kesehatannya kurang. Jangan sampai kita disadarkan setelah penyakit yang menyerang kita,melihat anak terbujur kaku dirumah sakit.

"Mulai dari diri sendiri" adalah semboyan yang harus ditanamkan oleh semua orang dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan kebiasaan menjaga lingkungan secara disiplin maka akan menjadikan karakter yang kuat untuk kita,lebih jauhnya membudaya setiap orang di negeri inidalam memperlakukan lingkungan supaya sehat selalu. Maka sangat penting kita untuk mewujudkan lingkungan yang sehat sehingga kita semua terbebas dari penyakit.

Dalam keadaan yang sehat kita akan siap menghadapi dan mengimbangi era globalisasi yang sangat pesat ini. Faktor kesehatan akan sangat berperan penting dalam menghadapi kemajuan zaman sehingga kita dapat mewujudkan impian kita dimasa depan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline