Lihat ke Halaman Asli

Jebakan Batman Kerja di Luar Negri

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pergi keluar negeri mungkin salah satu keinginan bagi sebagian orang untuk berlibur maupun bekerja, bayangan pendapatan yang lebih tinggi maupun kehidupan yang lebih baik, lebih teratur dan tentu pengalaman mungkin menjadi magnet bagi setiap orang.

Namun bagi saya yang sudah hampir lima tahun bekerja dinegri orang, keluar negri itu enaknya Cuma berlibur tinggal seminggu dua minggu menghilangkan penat bolehlah tapi untuk tinggal sampai belasan tahun rasanya ada sesuatu yang hilang, itu bagi saya lho tapi rekan rekan saya banyak yang belasan atau hampir duapuluh tahunan masih bahagia aja mungkin ada resep lainnya dan rahasia lain yang belum saya ketahui.

Iseng saya melakukan survey kecil kecilan sambil ngobrol ngobrol dengan rekan rekan yang sudah belasan atau hampir puluhan tahun berada di oversea:

1.Benefit bekerja diluar negeri susah mendapatkan benefit yang sama bila bekerja di Indonesia tapi menurut saya bila kurang kurang dikit bekerja di Indonesia masih worthed lah mengingat living cost bekerja di luar negeri juga sangat tinggi sehingga lebih baik membandingkan saving to saving saja lebih baik.

2.Bila sudah ada anak yang sekolah sampai grade 12 atau setingkat SMA di Indonesia lebih mumet lagi karena si anak belum terbiasa dengan kurikulum Indonesia mohon maaf bukan nya tidak nasionalis banyak anak rekan rekan saya yang kurang begitu lancar berbahasa Indonesia nah bila ikut kurikulum lokal akan lebih kesulitan sepengalamna saya ketika sekolah dulu nilai Bahasa Sunda saya tidak lebih dari 6 he..he..padahal bahasa sehari hari he..he..apalagi anak anak ini bisa dibayangkan sendiri.

3.Bila sudah senior akan kesulitan mendapat kerja di Indonesia dengan posisi yang sama karena sudah over qualified dan over paid kecuali untuk memulai usaha sendiri.

4.Nah yang ini benar Jebakan Batman…Loan..loan..loan atau pinjaman pada pihak ketiga baik itu kepada perusahaan atau kepada bank yang mau tidak mau harus bekerja sampai hutangnya lunas dulu.

Maka tips saya bila bekerja di Luar;

-Jauhi kartu kredit dan pinjaman berinvestasilah dengan yang kamu punya

-Saving first than spent your money

-Jangan lama lama he..he..susah balik kampung he..he.. setelah di nilai cukup bangunlah Indonesia….kecuali dah kawin sama orang sono ;);) nah ini jebakan superman




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline