Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Pendataan Prodeskel dan Epdeskel di Kecamatan Panti Jember

Diperbarui: 6 Januari 2023   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Jember, 6 Januari 2023

BKP Proyek Desa adalah kegiatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke desa selama satu semester yang termasuk pada Program Merdeka Kampus Merdeka. Salah satu tugas yang diberikan yaitu memberikan pendampingan terhadap setiap desa untuk melakukan update profil desa dan evaluasi perkembangan desa yang dilakukan oleh Kelompok 19. Desa yang disampingi pada update Prodeskel yaitu desa Glagahwero, Serut, Pakis, dan Suci sedangkan desa yang akan didampingi dalam Epdeskel yaitu desa Kemuning Sar Lor dan Serut.

Profil Desa dan Kelurahan (PRODESKEL) adalah aplikasi yang berbasis web online sebagai penyajian pelaporan data berbasis online, berdasarkan pedoman penyusunan dan pendayagunaan data berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007. (Permendagri 12/2007). Sedangkan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) merupakan suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan untuk mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 81Tahun 2015 (Permendagri 81/2015).

Data prodeskel ditujukan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi kelurahan atau desa serta data tingkat perkembangannya, sebagai dasar pelaku pembagunan dalam pendukungnya perencanaan, pengorganisasian, kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pelaksanaan evaluasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan lembaga masyarakat. Epdeskel bermanfaat sebagai mengevaluasi diri nya dalam upaya melakukan penilaian terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang secara internal dilakukan oleh Kepala Desa dan Kepala Kelurahan.

Tujuan menginput data prodeskel dan epdeskel adalah untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia), Kelembagaan, Prasarana dan Sarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa. Prodeskel sebagai sumber data untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam merencanakan pembangunan ke depan, dengan kualitas data profil yang baik, karena akan teridentifikasi berbagai permasalahan serta potensi setiap desa.

Pendampingan pengisian prodeskel dengan mendatangi kantor desa Glagahwero, Serut, Pakis, dan Suci memberitahukan untuk mengisi dan melengkapi data yang belum diinput pada web online dimulai pada tanggal 24 Oktober 2022 - 3 November 2022. Pendampingan pengisian epdeskel mendatangi kantor desa Kemuning Sar Lor dan Serut. Mendampingi pegawai desa untuk mengisi data dan melengkapi data desa pada tanggal 7 November - 8 November yang dilakukan di jam 09:00-12:00 pada jam operasional kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline