Ada yang berbeda ketika kemarin saya membuka aplikasi gojek, di bagian banner yang biasanya memuat iklan promo, sekarang ada penambahan ornamen biru, sekilas saya kira iklan pil KB, eh tapi saya sadar ini kan bukan lagi orde baru yang terkenal dengan hastag #DuaAnakCukup. Saya buang jauh-jauh pikiran itu.
Ternyata itu gambar seragam supir Blue Bird, oladalah, ngapain mereka mejeng di aplikasinya Gojek? Bukannya mereka berdua ibarat Tom and Jerry, ibarat Ahok dan Bib Riziek?
Mereka telah bersatu kawan, Gojek dan Blue Bird telah mengucap janji suci transportasi, mereka berpartner, menjadi sinergi yang menguntungkan semua pihak, menguntungkan gojek, masyarakat dan terutama Blue Bird itu sendiri. Satu hal lagi, sinergi ini mengajarkan kita soal rule of business.
Aturan yang paling mendasar, jangan menutup diri. Bayangkan setahun yang lalu ketika supir blue bird berdemonstrasi besar-besaran, bahkan merusak. Blue Bird seakan anti-social, mereka menutup diri dari kemajuan zaman, dan apa yang terjadi? Masyarakat yang sudah beralih ke aplikasi ride-hailing serta merta menolak kelakuan Blue Bird.
Pada waktu itu saya berpikir, nih klo kayak gini terus Blue Bird bakal mati. Pikiran saya hampir jadi kenyataan, saham Blue Bird anjlok dan terus tidur hingga sekarang, labanya merosot tajam. Satu-satunya jalan adalah ikuti arus. Blue bird diujung tanduk.
Sampai sekitar November 2016 lalu saya mendengar berita bahwa Blue Bird mulai bersinergi dengan Gojek, dan kemudian terealisasi. Lega, Blue bird mampu berdamai dengan kebesaran namanya. Nama besar, toh bukan berarti nasib pun selalu besar.
Apiknya hal Ini diikuti juga dengan bersinerginya Express taksi dengan Uber, lalu Putera dan Silver yang sudah berkolaborasi lebih dulu dengan Grab. Kolaborasi yang harusnya di inisiasi oleh Kemenhub sedari awal, toh Presiden Jokowi sudah mengindikasi pro online yang luwes dan lincah ketimbang nama besar yang limbung.
Well done, Konsep sharing economic terbuka lebar di Indonesia.
Tapi ada yang bilang, dengan begini maka revenue Blue Bird dari tarif akan merosot tajam, karena ketika bersinergi dengan Gojek maka ongkos taksi di diskon 30%, belum lagi perjanjian ini itu dengan manajemen Gojek. Sekilas ini merugikan.
Saya hanya jelaskan bahwa ya, revenue akan turun, laba juga akan turun, tapi sampai berapa lama? Kelemahan Blue Bird adalah harganya yang premium, maksudnya? Begini..ketika berbicara transportasi massal, maka harus ada yang signifikan untuk membedakan.
Signifikan? Ya, contoh Garuda Indonesia, tarif memang premium tapi apa yang anda dapatkan didalamnya? Schedule penerbangan ontime, makanan yang rasanya berkelas, jenis minuman dari kopi hingga jus jeruk ada dan tentunya inflight entertainment yang film & musiknya selalu di update.