Lihat ke Halaman Asli

Bangga akan Industri Pertanian di Indonesia

Diperbarui: 10 Juli 2021   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pertanian kususnya ketahanan industri masih bertumpu pada level menengah, kalau sektor ini tidak dijadikan ruang ekonomi, kita berharap usaha menengah di Indonesia bisa menjadi pondasi yang kokoh di bidang pertanian, jika idbandingkan dengan negara lain pertumbuhan ekonomi dikuasai oleh industri besar, sehingga rakyat kecil pun punya ruang ekonomi. Sektor pertanian dalam menghadapi krisis menyebabkan perubahan pola pikir, para perencana pembangunan di negara negara yang sedang berkembang.

Banyak penelitian yang berkaitan dengan upaya pembaruan dalam upaya peningkata hasil upaya pertanian. Ini lebih diberatkan pada suatu kondisi dimana negara kita sebagai negara agraris yang sangat kaya akan SDM. Diamana kini masyarakat lebih memprioritaskan usaha kepada bidang industri yeang sebenarnya belum tahap siap.

Dalam hal permodalan sektor pertanian di indonesia belum ada isntitusi yang menjamin pendanaan sektor pertanian. Keuangan yang diharapkan bisa membantu petani, ternyata belum berkembang seingga bisa meraih petani secara keseluruhan. Mengingat kondisi di indonesi, dimana 80 persen pertanian di indonesia dikembangkan ole petani, sehingga perlu dibuat suatu strategi. Dimana strategi itu perlu diingat pula bahwa dengan keberadaannya yang terpencil di perdesaan.

Pertanian organik sulit untuk di budidayakan, karena memerlukan ketelitian dan ketentuan yang tinggi, namun ternyata dengan dikurangi adanya pemakaian zat kimia mengakibatkan tanaman memiliki ketahanan terhadap zat kimia terhadap hama dan penyakit. Selain itu pertanian di indoneisa juga menduduki peringkat ke-16 untuk pertanian berkelanjutan. Ranking ini di dasarkan pada ketersediaan air yang melimpahdan keanekaragaman yang hayati.

Capaian ini dinilai sangat baik, indonesia menjadi satu satunya negara Asia tenggara yang masuk 20 besar. Indonesia juga termasuk dalam negara yang sedang mengatasi masalah lingkungan makanan dengan berada posisi 23 dalam aspek food los and waste. Sedangkan untuk aspek nutritional challnges, Indonesia mendapat urutan ke-18 karena sudah mampu mengatasi masalah kurang gizi, Serta membeli makanan segar dan sehat.

Capaian Yang telah di raih indonesia dalam pertanian dunia internasional membuktikan bahwa negara ini layak di sebut negara agraris. Sebagai salah satu pertaian indonesia yang berkontribusi dalam mencapai perstasi ini patut bangga dan lebih berusaha lebih dominan keras lagi agar pertanian indonesia bisa lebih berkembang di tahun berikutnya dan tidak ada kendala apa apa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline