Lihat ke Halaman Asli

Ryan M.

TERVERIFIKASI

Video Editor

Sebuah Catatan Ringan Tentang Novel-novel Favorit Saya (1)

Diperbarui: 29 Oktober 2015   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="ilustrasi kematian superman dalam cerita the death and life of superman, salah satu novel favorit saya (sumber : chillopedia.com)"][/caption]

Sudah cukup lama saya tak melirik deretan novel yang dipajang di toko-toko buku karena belakangan ini pihak toko buku sudah menyediakan komputer agar pengunjung bisa langsung mengetahui informasi seputar buku yang dicarinya.  Dalam hal ini saya hanya mengetikkan judul novel yang saya cari yaitu Shin Suikoden karya Eiji Yoshikawa.

Sayangnya, novel yang di negara asalnya (Jepang) terbit tahun 1990 tersebut, versi terjemahan Indonesianya benar-benar tersendat hadir.  Sudah hampir 2 tahun, tapi baru 4 edisi yang terbit yang masih berupa pengenalan 108 tokoh-tokohnya.  Wah wah, kapan bisa masuk konflik utamanya nih?

Oke, kembali ke topik.

Ketika menelusuri novel-novel yang terpajang, saya merasa bahwa bacaan saat ini banyak didominasi novel sejarah karya penulis lokal, novel ber-genre fantasi, serta teenlit komedi romantis ala Korea yang kebanyakan penulisnya berusia belia.

Salut!  Mereka mampu menembus standar kualitas yang sudah ditetapkan major publisher.

Dan tiba-tiba saya teringat masa sekitar tahun 1999-2005 dimana saat itu deretan novel yang dipajang kebanyakan didominasi nama-nama seperti Danielle Steel, John Grisham, ataupun Michael Crichton.

Tulisan ini adalah bagian pertama dari dua tulisan yang merupakan catatan ringan tentang novel-novel mana saja yang saya sukai di rentang waktu tersebut.  Beberapa novel mungkin merupakan karya populer meski ada juga novel-novel yang 'aneh' dan tidak biasa.

Urutan dibuat berdasarkan abjad sbb :

AIRFRAME : PETAKA DI ANGKASA

Merupakan novel terjemahan karya penulis favorit saya, Michael Crichton.  Novel terbitan tahun 1997 ini termasuk satu dari bacaan 'tidak biasa' saya karena genre-nya yang bukan fiksi ilmiah.

Novel dibuka dengan insiden yang menimpa pesawat TransPacific rute Hongkong - Denver setelah mengalami beberapa kali turbulensi sehingga meminta pendaratan darurat di bandara Los Angeles.  Insiden ini sangat mengherankan karena safety record pesawat N-22 produksi Norton Aircraft sudah terbukti sangat baik, pun diterbangkan oleh pilot senior yang sangat berpengalaman.  Adalah tugas Casey Singleton dari Norton Aircraft sekaligus ketua tim investigasi untuk mencari tahu apa sebenarnya penyebab insiden tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline