[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Ilustrasi (sumber foto : fenesi.com)"][/caption]
“Kehidupan modern adalah kehidupan yang real time dan serba cepat.”
Jika mengingat masa 20 tahun lalu, tak terbayangkan bahwa saat ini perkembangan teknologi membuat semuanya menjadi lebih cepat dan up-to-date – termasuk untuk layanan perbankan. Jika dulu segala transaksi perbankan dilakukan di bank, saat ini dengan teknologi yang sudah sedemikian maju kita diberikan berbagai kemudahan untuk mengakses layanan perbankan. Mobile Banking dan Internet Banking contohnya. Dengan Mobile Banking, kita bisa mengakses layanan perbankan mulai dari hal yang sederhana seperti mengecek saldo hingga transfer uang. Mobile Banking merupakan pilihan tepat bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Bahkan kini untuk semakin memudahkan penggunanya, layanan Mobile Banking hadir dalam bentuk aplikasi untuk smartphone berbasis Android, iOS, dan BlackBerry. Bagi pengguna Mobile Banking, MyBank MyWay ideal tentunya berupa kemudahan mengakses layanan perbankan secara mobile di manapun. Begitu juga dengan Internet Banking, layanan ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang aktivitas hariannya hampir tidak bisa lepas dari internet seperti pebisnis online misalnya. Selain itu Internet Banking bisa jadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kepraktisan bertransaksi tanpa harus meninggalkan ruangan. Saya sendiri merupakan pengguna Internet Banking. Dengan Internet Banking, saya bahkan tak perlu beranjak dari kursi untuk melakukan berbagai transaksi seperti mengecek saldo, transfer dana, pembelian pulsa, tiket pesawat, tiket nonton, pembayaran tagihan kartu kredit, telepon, ponsel, internet, asuransi, pinjaman, pajak, listrik, air, pendidikan, e-commerce, dll. Enaknya lagi, kemudahan Internet Banking membuat saya bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus mengantre. Soal keamanan? Tak perlu khawatir, layanan Internet Banking menerapkan sistem pengamanan berlapis – baik dari sisi server maupun pengguna. Dari sisi server diterapkan metode enkripsi EV SSL 2048 bit yang akan mengacak jalur komunikasi antar komputer sehingga data tidak bisa dibaca pihak lain. Sementara dari sisi pengguna, layanan Internet Banking melengkapi dirinya dengan alat tambahan berupa key generator yang akan menghasilkan sederetan angka acak yang selalu berubah setiap kali digunakan. Buat saya pribadi, sampai saat ini layanan Internet Banking cukup mengakomodir kebutuhan saya melakukan berbagai transaksi keuangan.
“Praktis, cepat, dan aman dengan Internet Banking,” itulah MyBank MyWay saya.
Dengan segala kemudahan dan pengamanan berbasis teknologi terkini, rasanya hampir tak ada alasan bagi kita untuk menunda-nunda berbagai transaksi perbankan, toh segala perangkat penunjangnya sudah ada di genggaman kita. Untuk Mobile Banking, bahkan sebuah ponsel sederhana pun bisa digunakan untuk mengakses layanan tersebut. Sementara untuk Internet Banking, tak melulu harus diakses melalui komputer atau laptop, perangkat telepon genggam terkini termasuk tablet pun sudah bisa digunakan untuk mengakses layanan tersebut asalkan memiliki akses internet. Kemudahan mengakses layanan, bukankah itu yang diharapkan?
Kendala dan Harapan
Namun seperti halnya tuntutan kehidupan modern, saya masih berharap lebih dari sebuah layanan perbankan. Seperti kita tahu, hingga saat ini bank masih memiliki jam operasional padahal kehidupan modern berjalan nyaris 24 jam tanpa henti. Suatu hari karena kesembronoan saya, key generator yang merupakan alat kunci dalam melakukan transaksi keuangan melalui Internet Banking diutak-atik oleh keponakan. Akibatnya, alat tersebut tidak bisa digunakan, padahal di saat yang sama ada kerabat yang minta dikirimi uang secepatnya karena keadaan darurat. Saat itu sudah sekitar jam 8 malam, waktu operasional bank sudah berakhir. Gawatnya lagi, kejadian itu terjadi Jumat malam di mana esok harinya selama dua hari bank pasti tidak beroperasi. Dengan 'terpaksa', malam itu saya melakukan transfer dana di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat. Masalah selesai? Belum. Selama Sabtu dan Minggu karena bank tidak beroperasi, saya belum bisa meminta penggantian alat key generator tersebut sehingga mesti bolak-balik ke ATM untuk melakukan berbagai transaksi. Saat itu saya berharap adanya layanan perbankan yang bisa menyediakan penggantian alat key generator secara instan meski di akhir pekan sekalipun. Saya juga berharap adanya layanan instan untuk penggantian kartu ATM dan pembelian kartu prabayar. Selain itu saya sangat berharap adanya layanan perbankan yang buka sampai setidaknya jam 9 malam, apalagi jika kita bisa melakukan transaksi perbankan secara Video Banking menggunakan teknologi Video Call. MyBank MyWay yang saya harapkan adalah sebuah bank yang seluruh layanannya bisa dijalankan dan bersinergi dengan teknologi terkini. Dan menurut saya, seharusnya dengan kemajuan teknologi saat ini, hal itu tidaklah mustahil. Tapi, sebetulnya ada nggak sih bank yang menyediakan layanan seperti itu? [rm] Tulisan ini masuk kategori “Serba-Serbi” dan dipublish pertamakali di www.kompasiana.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H