Lihat ke Halaman Asli

Ryan Martin

Mahasiswa Kedokteran Gigi

3 Jenis Monstera yang Akan Menjadi Tanaman Hias 2021

Diperbarui: 14 Januari 2021   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: wallpaperflare.com

Hai, perkenalkan saya Ryan. Saya bukanlah penghobi tanaman hias. Namun, saya gemar untuk mencari tahu mengenai berbagai hal yang menarik di planet bumi ini. Belakangan ini, saya sempat menonton sebuah video di kanal youtube seorang pecinta tanaman hias. Video ini menceritakan proses lelang dari beberapa tanaman. 

Salah satu tanaman hias yang cukup menarik perhatian saya adalah tanaman dengan genus monstera. Harga lelang tanaman ini sangatlah fantastis. 

Sebenarnya, apa yang membuat tanaman ini begitu unik dan mahal? Saya pun berusaha mencari informasi lebih dalam. Setelah mengetahui beberapa fakta mengenai tanaman ini, saya percaya bahwa monstera akan menjadi tanaman hias 2021 yang menarik perhatian masyarakat Indonesia, khususnya para penghobi tanaman. 

Bagi kalian yang sudah berkecimpung di dunia tanaman hias, tentu saja tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini. Tanaman hias dengan bentuk daun yang unik, membuatnya banyak diminati. Itulah monstera

Tanaman ini berasal dari daerah tropis di Amerika. Mendengar namanya, apakah kalian ada yang pernah salah mendengarnya menjadi "monster"? Jika benar, berarti kita berada dalam satu tim yang sama. 

Saya sempat kaget mendengar nama tanaman "monster" ini. Padahal, rupanya tidak seperti monster. Ternyata, nama monstera diambil dari bahasa latin yakni "monstrous" yang berarti abnormal. Hal ini mengacu pada bentuk daunnya yang unik dan termasuk dalam kategori "abnormal" bagi tanaman. 

Penasaran seperti apa bentuk daun-daun tanaman monstera ini? Berikut akan saya membahas 3 jenis tanaman monstera, yang menurut saya pribadi, terunik.

1. Monstera Delicousa

Sumber : shutterstock.com

Saat pertama kali melihat tanaman ini melalui gambar, yang ada di pikiran saya adalah pohon pepaya. Dengan bentuk daun yang terputus-putus seperti tangan, mungkin orang awam seperti saya, akan berpikir demikian. 

Namun, jika diamati pada beberapa video, tanaman ini jauh lebih unik dan berbeda dengan tanaman papaya. Dengan daun terputus-putus berwarna hijau dan berbentuk seperti hati, tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi ruang tamu anda. Ia dapat tumbuh di daerah berkondisi lembab, dengan suhu 20-30 derajat. 

Monstera delicousa termasuk ke dalam jenis yang umum ditemukan dibandingkan keluarganya yang lain.  Hal menarik lain dari monstera delicousa adalah, ternyata tanaman ini dapat menghasilkan buah. Bentuk buahnya adalah lonjong dengan warna kehijauan. Menurut beberapa orang, rasanya seperti perpaduan pisang dan nanas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline