Lihat ke Halaman Asli

Ryan Julian

Sociopreneur, Empowerement, SME Businesss Development

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui BUMDes, Permasalahan, Solusi, Wadah dan Implementasi

Diperbarui: 4 April 2017   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="BUMDES - desa-lemahabang.blogspot.co.id"][/caption]

Pembangunan , Pendanaan dan Pemberdayaan menjadi permasalahan yang dialami oleh semua perangkat dan pemerintahan desa. Kondisi dan kenyataan ini kami selaku pemerhati dan praktisi pemberdayaan ekonomi masyarakat ingin sekali berbagi ilmu, berbagi pengalaman terhadap apa yang dirasakan, apa yang dikeluhkan dan apa yang belum dijalankan oleh masyarakat desa khususnya dan masyarakat pelaku-pelaku ekonomi dan usaha di desa dan daerah.

Berangkat dari dibentuknya Kementrian Desa, dimana Desa dituntut mandiri sehingga bisa membiayai desanya sendiri dengan usaha-usaha yang digerakkan dari Desa, Pemerintah hanya memberikan Stimulus-stimulus guna mendorong kemandirian desa.

Salah satu program yang digaungkan oleh Pemerintah salah satunya perlu adanya Badan Usaha Milik Desa atau lebih dikenal dengan nama BUMDES, BUMDES ini dapat berjalan apabila SDM dan kelengkapan-kelengkapan di dalam BUMDES tersebut juga sudah bisa dibentuk, serta dengan adanya jalinan kerjasama dengan berbagai stakeholder.

Penulis dalam hal ini ingin berbagi dan memberikan saran, dari apa yang menjadi kendala atau permasalahan klasik selama ini yang terjadi di Desa. Penulis ingin mengangkat satu nama BUMDES ini menjadi Rumah Sejahtera Masyarakat Desa (RUMTERA), dimana yang dimaksud Rumah disini adalah sebagai Wadah, sebagai Badan yang menaungi segala kebutuhan masyarakat Desa.

APA RUMAH SEJAHTERA MAYARAKAT DESA ?

Rumah Sejahtera  merupakan satu bentuk Unit usaha yang dapat dibentuk oleh Masyarakat dengan pendekatan Pemerintah baik pusat maupun dan daerah  dengan Pihak Swasta dalam hal ini Swasta yang bergerak dalam bidang Usaha yang berkaitan erat dengan sektor usaha masyarakat dan tentunya dengan melibatkan masyarakat selaku stakeholder. Program RUMTERA (Rumah Sejahtera) Masyarakat Desa   ini merupakan suatu wadah usaha terpadu (one Stop Shopping) yang berkedudukan di masing-masing daerah yang lokasinya dekat dengan masyarakat,  baik masyarakat dalam bidang :

Pertanian
Perkebunan
Perikanan dan kelautan
Pertenakan
Perdagangan dan Jasa
Industri Rumah Tangga serta lainnya
Rumah Sejahtera ini merupakan salah satu alternatif dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan meringankan beban masyarakat, serta mempermudah segala urusan masyarakat  baik dalam bidang usaha maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah Sejahtera ini dilengkapi System IT yang terintegrasi dengan Rumah Sejahtera tingkat pusat  yang berkedudukan di Jakarta,

Rumah Sejahtera dapat memanfaatkan asset-asset bantuan dari beberapa kementrian seperti dari Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan UKM dan Kementerian yang lainnya.

APA TUJUAN PROGRAM RUMAH SEJAHTERA:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline