Lihat ke Halaman Asli

Ryan Fariski

Mahasiswa

Perkembangan Era Society 5.0 untuk Masa Depan yang Cerah

Diperbarui: 24 Agustus 2022   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan masa sangatlah terasa cepat. Rasanya, kita baru saja berada di era industry 4.0. Dan tahukah kalian, setelah ini kita semua akan melewati era industry 4.0 dan beranjak masuk ke era society 5.0 loh. Tapi sebenarnya seperti apa sih era society5.0 itu? 

Era society 5.0 adalah era dimana masyarakat memiliki kemampuan menyelesaikan berbagai tantangan dan berbagai macam masalah sosial dengan berbagai inovasi-inovasi. Era society 5.0 memiliki konsep bahwa seluruh teknologi yang ada adalah bagian dari manusia itu sendiri. Ini berarti pemanfaatan teknologi akan semakin luas dan akan terus digunakan. Seperti internet misalnya, kini internet tidak hanya sebagai media informasi tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup. 

Saat ini sendiri dengan adanya era society 5.0 kehidupan di dunia ini akan banyak memengaruhi berbagai aspek, seperti strategi marketing para pegiat usaha dan di bidang produksi industry juga. Munculnya teknologi AI di era industry 4.0 juga terus dikembangkan dan akan digunakan secara luas di era society 5.0 sekarang. 

Nah, dengan adanya era society 5.0 ini sebenarnya menuntut semua orang untuk berpikir lebih maju lagi. Kemajuan teknologi tidaklah tertahan. Maka dari itu pemikiran manusia juga harus dapat lebih maju. Karena sejatinya ini semua adalah langkah untuk menggapai masa depan yang cerah bagi kita semua generasi emas penerus bangsa. Sekian dari saya, terima kasih.

#LaskarVokasi2022 #BanggaVokasi #VokasiUnair #UniversitasAirlangga #369 #UnairHebat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline