Lihat ke Halaman Asli

There is no tittle..

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saya mengikuti sebuah komunitas, komunitas jepang namanya. Sering mengikuti berbagai event danperlombaan. Dari lomba cosplay, drama jepang, film bergenre jepang, band dan sebagainya. Isinya seperti itu dan kegiatannya adalah seperti latihan band, pembuatan kostum dan berdiskusi tentang apa yang akan di lakukan saat mau ada event baru di dalam kota atau di luar kota.

Pernah mengikuti 2 komunitas jepang dan akhirnya memillih satu dari kedua komunitas itu. Kedua komunitas ini sama, hanya saja lebih berkelas komunitas jepang yang A dari pada komunitas jepang yang B. Saya memilih yang B akhirnya, karena yang B lebih minimalis dananya daripada yang A. Kedua komunitas ini terkadang juga tampil bersama dalam sebuah event untuk saling memperkuat pertemanan antar sesama pecinta jepang atau kadang berkumpul bersama hanya untuk bertukar anggota dan latihan bersama.

Perbandingan kelompok yang A dan B, menurut saya lebih perfect yang A dansebenarnya lebih berkualitas yang A, sedangkan yang B komunitasnya biasa saja dan tidak menuntut apa-apa, yang penting tampil dengan sempurna, percaya diri dan bertanggung jawab. Tapi, kedua komunitas itu tetap memiliki kesamaan dan dan mereka dapat bersatutanpa ada perselisihan dan saling mengejek antar komunitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline