Lihat ke Halaman Asli

Rut Juni Grace Silalahi

Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Manajemen Rekayasa, Institut Teknologi Del

Upaya Perusahaan Mengelola Keuangan di Tengah Wabah Covid-19

Diperbarui: 17 Juni 2020   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada akhir tahun 2019, dunia dikejutkan dengan adanya Corona Virus 2019 dengan singkatan Covid-19, dimana berita virus ini pertama sekali terjadi di kota Wuhan, China. China dikenal dengan negara yag memiliki pengaruh yang kuat terhadap dunia setelah Amerika. 

Hal ini dikarenakan China menjadi jalur lalulintas laut yang terkenal dengan perdagangan internasional dan juga perkembangan teknologi di negara tersebut memiliki pertumbuhan yang sangat pesat didukung pula human resource yang sangat kompoten. Akan tetapi, semenjak munculnya Covid-19 di negara tersebut system perdagangan antar negara terganggu termasuk terhadap negara Indonesia. 

Pada awal maret 2020, Indonesia menjadi salah satu dari sekian banyak negara di dunia yang terdampak Covid-19. Dimulai dari dua (2) orang yang terinfeksi Covid-19 hingga saat ini korban Covid-19 di Indonesia selalu bertambah baik itu Positif Corona, PDP, ODP hingga pasien meninggal. 

Selain menimbulkan korban, wabah ini memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Seperti halnya perusahaan, banyak kabar di media social pihak perusahaan memPHK karyawannya dikarenakan tidak adanya pendapatan dan berkurangnya keuntungan dari usaha yang didirikan sehingga harus menutup sementara proses atau kegiatan di perusahaannya. 

Maka angka pengangguran di Indonesia pun akan naik dan masyarakat akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Agar hal tersebut dapat dihindari maka disinilah  dibutuhkan cost management  atau system pengelolaan biaya yang efektif dan efisien bagi perusahaan ditengah wabah ini. Pentingnya cost management sebagai informasi yang dibutuhkan untuk mengelola secara efektif perusahaan. 

Baiknya informasi keuangan tidak berfokus pada jangka pendek, seperti yang terjadi saat ini, perusahaan harus mampu membuat anggaran jika terjadi bencana sehingga efek dari timbulnya wabah ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap usahanya. Nah, disini saya akan menguraikan bagaimana menerapkan Cost Management bagi perusahaan ditengah wabah Covid-19.

1. Plan Cost Management

Sebelumnya mungkin perusahaan baik itu usaha kecil ataupun besar pasti sudah memiliki plan atau rencana terhadap keuangan perusahaannya. Dari mulai biaya untuk supplier hingga marketingnya, hal ini dilakukan agar dapat meramalkan keuntungan tiap tahunnya dalam sebuah perusahaan. 

Akan tetapi, ditengah wabah Covid-19 mungkin tidak semua perusahaan yang melakukan pengelolaan keuangan ketika ada wabah yang melanda seperti Covid-19 ini sangat dibutuhkan anggaran biaya yang dapat dikendalikan atau dikelola dengan baik oleh perusahaan yaitu dengan menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana project cost akan direncanakan dan dikendalikan. 

Seperti memilih produk yang memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan produk yang lain. Contohnya saja perusahaan akan memproduksi produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini. Sehingga perusahaan dapat tetap berjalan meskipun keuntungan yang didapat tidak seperti tahun sebelumnya.

2. Mengestimasikan Biaya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline