Lihat ke Halaman Asli

RUTAN PELAIHARI

Humas Rutan kelas IIB Pelaihari

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

Diperbarui: 5 Desember 2022   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

Berbagai upaya dilakukan untuk membangun citra positif instansi dalam membentuk opini publik untuk mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat secara menyeluruh. Salah satunya melalui peran Hubungan Masyarakat (humas) dalam menyampaikan informasi yang jelas dan dapat diterima oleh publik yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Pelaihari, Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

Senin(05/12), Rutan Kelas IIB Pelaihari menerima penghargaan terbaik kedua atas jumlah publikasi pemberitaan media online dan media sosial pada kegiatan "Kalapas Karutan Menyapa Tengah Malam". Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi kepada Plt. Kepala Rutan Pelaihari, Rahmad Pijati beserta Tim Humas Rutan Pelaihari di Balai Pertemuan Garuda.
Kegiatan gelar apresiasi pemediaan dan publikasi ini disaksikan secara langsung dan virtual oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Kalimantan Selatan, JFT dan JFU. Lilik Sujandi menyampaikan kegiatan apresisasi ini merupakan bentuk dukungan dan dorongan kepada tim humas kanwil maupun UPT atas kinerjanya dalam memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di lapangan sehingga dapat diterima baik oleh masyarakat.

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas


"Selamat kepada UPT yang mendapat penghargaan, tetap pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Untuk UPT lain diharapkan ini menjadi motivasi dan lebih semangat lagi dalam pemberitaan-pemberitaan positif bagi instansi", ujar Lilik.

Lebih lanjut, Lilik menerangkan perlunya kreativitas dan inovasi tim humas dalam mengolah berita baik dari aspek visual maupun audio. Pengolahan foto, video, dan narasi agar dibuat semenarik mungkin serta memperhatikan etika.

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

"Ini untuk meraih atensi publik agar tertarik untuk membaca dan mudah dipahami, salah satu contohnya melalui infografis", terang Kakanwil.


Sementara Plt. Karutan Pelaihari, Rahmad Pijati, juga selaku pembina humas di Rutan Pelaihari mengungkapkan perlunya blow up pemberitaan mengenai kegiatan-kegiatan positif di rutan/lapas disertai dengan foto dan video sebagai poin-poin pembuktian bahwa rutan/lapas adalah pemasyarakatan bukan pemenjaraan.

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas

Optimalkan Peran Humas, Rutan Pelaihari Raih Penghargaan Terbaik Bidang Humas


"Saat ini banyak masyarakat melihat pemberitaan-pemberitaan negatif terhadap lapas/rutan yang sebenarnya tidak semuanya seperti itu. Banyak kegiatan positif di rutan/lapas tidak terekspos. Disinilah peran humas diperlukan untuk membangun dan mempertahankan citra positif dibantu dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kerjasama dengan redaksi-redaksi resmi", ungkap Pijati.

Kontributor : Humas Rutan Pelaihari

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline