Lihat ke Halaman Asli

Kembali Lakukan Deteksi Dini HIV/AIDS dalam Lapas/Rutan, Rutan Kebumen Gelar Voluntary Counselling And Testing (VCT)

Diperbarui: 16 November 2023   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber humasrumen

Kebumen, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kebumen Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah kembali menggelar Voluntary Counselling And Testing (VCT) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kebumen, Rabu (15/11/2023).

VCT atau voluntary counselling and testing adalah layanan konseling dan tes HIV yang dilakukan secara sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Pemeriksaan ini dilaksanakan di Lapas/Rutan bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin risiko terkena HIV/AIDS dan meningkatkan langkah pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS bagi WBP didalam Rutan Kelas IIB Kebumen.

Sumber : humasrumen

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen serta Puskesmas Kebumen 3 dan Puskesmas Alian, jumlah WBP yang mengikuti pemeriksaanVCT kali ini berjumlah 160 orang WBP.

Kepala Rutan Kelas IIB Kebumen, Tri Mulyono menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen serta jajaran Puskesmas yang telah melaksanakan skrinning VCT HIV/AIDS di Rutan Kebumen.

" Saya sangat berterimakasih atas kehadiran tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dan puskesmas, saya harap kegiatan ini bisa menjadi pencegahan penyakit menular HIV/AIDS didalam Lapas. Harapan kami Warga Binaan Pemasyarakatan bisa selalu sehat dan jauh dari penyakit, sehingga mereka bisa menjalani sisa pidana mereka dengan baik dan sehat". Ujar Tri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Maryati,S.ST selaku Pemegang Program HIV/AIDS pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Anas Syaefudin Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Kebumen dan Ahmad Sukatmo Kepala Pengamanan Rutan Kebumen. (HumasRumen)

Sumber:humasrumen




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline