Lihat ke Halaman Asli

Rutan Demak

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak

Rutan Demak Ikuti Secara Virtual Nasional Upacara Hari Lahir Pancasila

Diperbarui: 1 Juni 2023   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Humas Rutan Demak

Demak- Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah ikut serta dalam perayaan Hari Lahir Pancasila dengan menghadiri upacara secara virtual nasional, Kamis (01/06/2023). Dalam rangka memperingati momen penting ini, seluruh petugas Rutan Demak mengikuti upacara secara nasional melalui kanal Youtube BPIP.

Upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila secara nasional ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Secara virtual, terlihat berbagai kegiatan dilakukan, termasuk pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, dan penyampaian amanat dari inspektur upacara.

Dalam kegiatan ini, upacara secara nasional diadakan di berbagai lembaga di seluruh tanah air untuk merayakan dan menghormati Pancasila sebagai dasar negara. Melalui kanal Youtube BPIP, Karutan Demak, Riski Burhannudin, dan para petugas Rutan Demak bergabung dengan ribuan peserta dari berbagai lembaga lainnya.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak untuk menggelorakan semangat gotong royong dalam membangun peradaban yang berkelanjutan dan mendorong pertumbuhan global. Ia menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai gotong royong, keadilan sosial, dan persatuan yang dapat menjadi landasan dalam mencapai tujuan tersebut.

"Kita perlu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Melalui gotong royong, kita dapat membangun lingkungan yang harmonis, saling mendukung, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan," ujar Joko Widodo.

Partisipasi Rutan Demak dalam upacara virtual secara nasional ini menunjukkan komitmen Rutan dalam menghargai dan memperingati momen penting dalam sejarah bangsa. Semangat persatuan, keadilan, dan keragaman terus dijunjung tinggi di Rutan Demak.

Upacara Hari Lahir Pancasila secara nasional ini menjadi momentum penting untuk memperkuat dan memperkokoh kesatuan dan persatuan di tengah tantangan dan perubahan yang terjadi. Semoga semangat Pancasila terus mengilhami dan membimbing perjalanan bangsa Indonesia ke masa depan yang lebih baik dan harmonis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline