Lihat ke Halaman Asli

Rutan Banjarnegara

Official Rutan Banjarnegara

Metode Pembelajaran Mandiri Pada Latsar CPNS, Pastikan Menambah Wawasan

Diperbarui: 9 September 2024   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Rutan

Metode Pembelajaran Mandiri Pada Latsar CPNS, Pastikan Menambah Wawasan

Banjarnegara, INFO_PAS - Pelatihan Dasar (Latsar) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham yang diikuti oleh  CPNS Rutan Kelas IIB Banjarnegara dengan tujuan memperkuat kompetensi dan kesiapan dalam menjalankan tugas di lembaga pemasyarakatan telah sampai di tahap pembelajaran mandiri, Senin (9/9). Pelatihan Dasar dengan metode pembelajaran mandiri ini diharapkan dapat mempersiapkan CPNS dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk tugas-tugas mereka di masa depan.

Pelatihan Dasar (Latsar) dengan metode pembelajaran mandiri ini mencakup berbagai aspek penting yaitu modul-modul yang lebih komprehensif, mulai dari Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, Kesiapsiagaan Bela Negara. Selain itu, metode pembelajaran telah diperbarui dengan pendekatan Blended Learning, yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas.

"Pada pembelajaran mandiri yang diselenggarakan oleh BPSDM semakin menambah wawasan lebih dalam bagi kami para CPNS mengenai Kementerian Hukum dan HAM," Ujar Yesi Septiani, CPNS Rutan Kelas IIB Banjarnegara.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dari para instruktur berpengalaman serta mengikuti studi kasus yang relevan dengan tugas sehari-hari. Dalam pembelajaran mandiri tersebut juga diberikan trophy jika sudah menyelesaikan tugas dan harus dikumpulkan hingga mencapai 50 buah sebagai penentu nilai. Kurikulum juga dirancang untuk meningkatkan keterampilan interpersonal dan manajerial, yang sangat penting dalam pengelolaan dan pelayanan di lembaga pemasyarakatan. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengukur pemahaman dan keterampilan peserta, memastikan bahwa para peserta Latsar siap menghadapi tantangan di lapangan. BPSDM Kemenkumham juga menyediakan dukungan tambahan melalui platform digital, memungkinkan CPNS untuk mengakses materi pelatihan dan melakukan latihan mandiri secara fleksibel.

Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma menyampaikan "Adanya pembelajaran mandiri pada Pelatihan Dasar ini diharapkan para CPNS akan lebih siap untuk berkontribusi secara efektif dalam menjalankan tugas-tugas mereka di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM terutama bagi CPNS Rutan Kelas IIB Banjarnegara," harap Bima.

Pelatihan dasar yang diikuti CPNS Rutan Kelas IIB Banjarnegara dan dipandu oleh BPSDM Kemenkumham merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas SDM di lembaga pemasyarakatan. Diharapkan para CPNS dapat menghadapi tugas dengan lebih siap dan profesional. Pelatihan Dasar ini merupakan bagian dari strategi Kemenkumham dalam menciptakan tenaga kerja yang kompeten, berdedikasi di bidang pemasyarakatan, serta meningkatan kualitas pelayanan publik.

(Tim Humas Rutan Banjarnegara)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline