Lihat ke Halaman Asli

Rutan Banjarnegara

Official Rutan Banjarnegara

Penuh Khidmat, Rutan Banjarnegara Peringati Hari Pengayoman Ke-79 dengan Upacara Bendera

Diperbarui: 19 Agustus 2024   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Rutan

Penuh Khidmat, Rutan Banjarnegara Peringati Hari Pengayoman Ke-79 Dengan Upacara Bendera

Banjarnegara, INFO_PAS -- Pejabat Struktural, seluruh petugas dan Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Banjarnegara memperingati Hari Pengayoman dengan melaksanakan upacara bendera yang berlangsung khidmat di halaman Rutan Banjarnegara, Senin (19/8).

Hari Pengayoman merupakan hari yang diperingati oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia untuk mengenang berdirinya Kementerian pada tanggal 19 Agustus 1945. Upacara ini menjadi momen penting bagi seluruh insan pengayoman, termasuk jajaran Rutan Banjarnegara, untuk mengingat kembali nilai-nilai yang terkandung dalam semboyan "Pengayoman" yakni melindungi, memelihara, dan menegakkan keadilan.

Peringatan Hari Pengayoman Ke - 79 kali ini mengangkat tema "Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045". Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kesatuan Pengamanan dalam amanatnya menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Suparno mengajak seluruh peserta upacara untuk merenungkan makna Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri. Menuju Indonesia Emas 2045". Tema tersebut, menurutnya, menjadi pengingat bahwa pengabdian adalah esensi dari setiap pekerjaan yang dilakukan oleh insan pengayoman.

"Sebagai garda terdepan dalam penegakan hukum dan pelindung hak asasi manusia, kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar. Tugas kita bukan hanya menjalankan peraturan, tetapi juga memberikan rasa aman dan keadilan bagi masyarakat," tegas Suparno saat membacakan sambutan Menkumham.

Kegiatan upacara diakhiri dengan lantunan Mars Kemenkumham RI yang dinyayikan oleh seluruh peserta upacara dan pembacaan doa, meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh peserta yang hadir. Upacara ini menjadi momentum penting untuk memperkuat semangat pengabdian dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.
 
Seremonial pagi ini dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Pejabat Struktural karena Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma mengikuti Upacara di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah.

(Tim Humas Rutan Banjarnegara)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline