Lihat ke Halaman Asli

Rutan Salatiga

Melayani Setulus Hati

Karutan Salatiga Bersama Tim MPD Notaris Kota Salatiga Lakukan Pengawasan - Pemeriksaan Notaris

Diperbarui: 8 Februari 2023   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 (dokpri)

Salatiga - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga bersama tim Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kota Salatiga Salatiga melakukan pengawasan kepada sejumlah notaris di wilayah Kota Salatiga.

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano yang juga sebagai anggota MPD Notaris Kota Salatiga mengatakan MPD Notatis melakukan pengawasan dan pembinaan dalam 2 hari ini dimulai pada Selasa hingga hari ini.

"Tim MPD selama 2 hari ini melakukan pegawasan kepada notaris diwilayah Kota Salatiga," ujarnya Rabu (08/02).

Andri menjelaskan bahwa MPD selain melakukan pemeriksaan dan pengawasan juga2 mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap Notaris didaerah masing-masing yang telah ditentukan dan dilantik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

Andri mengutarakan selain melakukan pengawasan ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban agar para notaris menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga kepentingan masyarakat dapat tercapai dan terakomodir sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Perlu diketahui dalam pelaksanaan pemeriksaan, MPD Notaris Kota Salatiga dibagi menjadi 3 (tiga) tim pemeriksa. Andri yang tergabung dalam Tim II melakukan pemeriksaan terhadap 11 (sebelas) Notaris.

"Kami melakukan pemeriksaan terkait pelaksanaan protokol notaris periode Maret 2020 sd Januari 2023 dimulai dari sarana-prasarana kantor notaris, Tim juga melakukan uji petik akta notaris, SK pengangkatan notaris, kelengkapan administrasi, penyusunan arsip, laporan bulanan, hingga pelaksanaan pelayanan dan pemenuhan persuratan lainnya," ungkapnya.

"Dalam pelaksanaan pemeriksaan dan pengawasan didapat hasil ataupun temuan maka Tim MPD akan merekomendasikan kepada2 notaris terkait untuk segera memenuhi kelengkapan administrasi maupun perbaikan-perbaikan sehingga pelayanan kepada masyarakat nantinya lebih maksimal," pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline