Lihat ke Halaman Asli

Rutan Banjarnegara

Rutan Kelas IIB Banjarnegara

Memupuk Semangat Pahlawan: Rutan Banjarnegara Ikuti Upacara Tabur Bunga Penuh Makna dalam Peringatan Hari Pengayoman

Diperbarui: 9 Agustus 2024   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Rutan

Memupuk Semangat Pahlawan: Rutan Banjarnegara Ikuti Upacara Tabur Bunga Penuh Makna dalam Peringatan Hari Pengayoman

Purbalingga, INFO_PAS - Dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79, Karutan  didampingi Pejabat Struktural dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rutan Banjarnegara mengikuti kegiatan upacara tabur bunga dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purbosaroyo Purbalingga. Jumat (09/08).

Kegiatan ini diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Wilayah Eks Karesidenan Banyumas yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Purwokerto, Bayu Irsahara. Upacara diawali dengan penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan, mengheningkan cipta, dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan ditutup dengan tabur bunga yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dalam kesempatan ini, Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Banjarnegara menyatakan," Momen ini sebagai bentuk penghormatan dan refleksi atas jasa para pahlawan. Kegiatan ini tidak hanya sebagai wujud penghargaan terhadap mereka yang telah berjuang, tetapi juga sebagai sarana bagi kami untuk merenungkan makna pengorbanan dan semangat perjuangan yang harus terus kami jaga dalam menjalankan tugas sehari-hari," tuturnya.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air di dalam diri kita . Melalui ziarah dan tabur bunga, kita diajak untuk tidak melupakan sejarah dan pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Kegiatan ini juga menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus berkontribusi positif dalam membangun bangsa, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan," tambah Karutan.

Kegiatan tabur bunga dan ziarah ini bukan sekadar ritual tahunan, tetapi juga menjadi momen introspeksi bagi seluruh peserta untuk meneguhkan kembali komitmen dalam mengemban tugas dan tanggung jawab di bidang pemasyarakatan. Karutan menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur yang diwariskan para pahlawan, yang telah rela berkorban demi tegaknya negara dan kesejahteraan rakyat. 'Semangat pengorbanan dan keikhlasan para pahlawan harus menjadi inspirasi bagi kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik, terutama dalam membina dan merangkul warga binaan agar mereka dapat kembali ke masyarakat dengan lebih baik,' jelasnya.

Selain itu, Karutan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan antar UPT Pemasyarakatan di wilayah Eks Karesidenan Banyumas. 'Dengan bersatu dan saling mendukung, kita dapat lebih kuat dalam menjalankan tugas dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi di lapangan. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan di masing-masing UPT,' pungkas Karutan."

Sementara itu, Ketua DWP Rutan Banjarnegara, Ofy Bima, juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya kegiatan ini bagi para anggota Dharma Wanita. 'Melalui kegiatan ziarah dan tabur bunga ini, kami sebagai bagian dari keluarga besar pengayoman turut berperan dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan. Kegiatan ini juga menjadi momen bagi kami untuk menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada generasi muda, khususnya kepada anggota DWP, agar mereka lebih memahami makna pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan bangsa,' ujar Offy Bima. Ia berharap, semangat yang ditunjukkan oleh para pahlawan dapat menginspirasi seluruh anggota DWP dalam mendukung tugas dan tanggung jawab suami serta turut berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara." harapnya.

(Tim Humas Rutan Banjarnegara)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline