Lihat ke Halaman Asli

Rustina M Noveny

ESI East Kutai - Fajar Pengharapan Sangsel - CE 4.0 Indonesia

Melepaskan Kekuatan AI: Bagaimana Kecerdasan Buatan Merevolusi Pertanyaan Berbasis HOTS atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi?

Diperbarui: 12 Maret 2024   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar:  Canva Template Cycan Tecnology Cyberpunk Organizer Desktop Wallpaper by Rgbryand Design

Sejak penemuan komputer pada tahun 1940-an, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi subjek yang menarik minat banyak orang. AI merujuk pada kemampuan komputer untuk meniru perilaku manusia dan melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Aplikasi AI telah merasuki berbagai bidang, termasuk pendidikan. 

Peran AI Dalam Merevolusi Teknik Bertanya

AI telah mengubah cara kita melihat dan menggunakan pertanyaan dalam berbagai konteks, terutama dalam pendidikan. Dengan kecanggihan teknologi AI, pertanyaan tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai alat pengembangan dan pendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan menggunakan AI, kita dapat menciptakan pertanyaan yang lebih kompleks, mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi dunia nyata.

Pentingnya Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pendidikan

Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis, berpikir analitis, dan berpikir kreatif sangat penting dalam pendidikan abad ke-21. Dunia saat ini membutuhkan individu yang mampu memecahkan masalah kompleks, beradaptasi dengan perubahan, dan menghasilkan inovasi. Oleh karena itu, penting bagi pendidikan untuk fokus pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi ini. AI dapat menjadi alat yang kuat dalam membantu mengembangkan dan mengevaluasi keterampilan ini melalui pertanyaan yang didukung oleh teknologi AI.

 

Bagaimana AI Meningkatkan Pengembangan Pertanyaan/Penilaian

Dalam pengembangan pertanyaan atau penilaian tradisional, seringkali sulit untuk menciptakan pertanyaan yang mencakup keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun, dengan bantuan AI, proses ini menjadi lebih mudah dan efisien. AI dapat menganalisis data dan informasi yang ada untuk menghasilkan pertanyaan yang kompleks dan menantang. Selain itu, AI juga dapat memberikan umpan balik instan kepada peserta didik, membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan dalam berpikir mereka. Dengan AI, pengembangan pertanyaan dan penilaian menjadi lebih akurat, relevan, dan efektif.

Menggabungkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pertanyaan Berbasis AI

Dalam era digital saat ini, keterampilan abad ke-21 seperti pemecahan masalah, kerjasama, dan komunikasi menjadi kunci untuk sukses di dunia nyata. Oleh karena itu, pertanyaan berbasis AI dapat menjadi sarana untuk menggabungkan keterampilan ini dalam pembelajaran. Dengan mendesain pertanyaan yang membutuhkan kolaborasi, pemecahan masalah, dan komunikasi, peserta didik akan terlatih dalam mengaplikasikan keterampilan abad ke-21 mereka. AI dapat membantu mengenali dan mengevaluasi keterampilan ini melalui analisis data yang akurat.

Kurikulum Berbasis AI dan Manfaatnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline