Lihat ke Halaman Asli

Rustian Al Ansori

TERVERIFIKASI

Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

Pustakawan Berkolaborasi Mengelola Perpustakaan

Diperbarui: 10 Desember 2022   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pustakawan di RRI Sungailiat (dokpri)

Pustakawan berkolaborasi menjalankan tugasnya dalam mengelola perpustakaan.

Namun masih ada yang belum mengetahui bila tugas pustakawan tidak hanya menata perpustakaan di bawa naungan dinas perpustakaan di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Ketua PD Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) kabupaten Bangka Yusnita menjelaskan, pustakawan siap melakukan kolaborasi dengan perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, perpustakaan khusus maupun Taman Bacaan Masyarakat.

Bentuk kolaborasi itu yakni membantu penataan perpustakaan hingga memberikan ketrampilan kepada pengelola perpustakaan yang masih memiliki keterbatan informasi bagaimana cara mengelola perpustakaan sesuai standarisasi.

Masih terdapat perpustakaan diantaranya perpustakaan sekolah yang belum dikelola dengan benar, bahkan terdapat perpustakaan sekolah yang tidak memiiki pengelola.

Ketika dialog Ruang Pustaka RRI Sungailiat Sofiyana, kepala SMP Negeri 1 Mendo Barat yang belum 1 tahun menduduki jabatan tersebut menjelaskan, perpustakaan di sekolahnya baru berkolaborasi degan pustakawan.

Diakuinya terlambat bisa mengetahui pustakawan Fitri dan Yusnita bisa membantu menata perpustakaan sekolahnya yang dinilai belum tertata dengan baik.

Pustakaan di sekolah sebagai jantung dalam kegiatan belajar menganjar karena itu menjadi perhatian untuk dilakukan pembenahan.

Selama ini perpustakaan SMP Negeri 1 Mendo Barat untuk pengelolaan dilakukan tenaga perpustakaan yang belum memiliki kompetensi sehingga terkendala dalam menata perpustakaan.

Namun sudah ada program Literasi Relegi seperti menbaca juz ama, serta pada saat bulan bahasa digelar lomba puisi dan pantun yang diikuti para siswa.

Sofiyana ingin menjadikan perpustakaan ladang informasi serta pegunjung bisa nyaman untuk itu diharapkan kedepan kondisi perpustakaan bisa lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline