Lihat ke Halaman Asli

Rustian Al Ansori

TERVERIFIKASI

Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

Banyak yang Menikah di 0202, Penghulu Jadi Terlambat

Diperbarui: 2 Februari 2020   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Banyak yang melaksanakan akad nikah hari ini, Minggu (02/02) di Sungailiat, kabupaten Bangka, provinsi kepulauan Bangka Belitung. 

"Mohon maaf saya terlambat, " kata pak penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Sungailiat yang memimpin pelaksanaan pernikahan antara Bambang dan Sera, di lingkungan Maria Goreti, Sungailiat.

Pak Penghulu menyampaikan itu dengan pengeras suara di hadapan para undangan, termasuk saya yang hadir. Pengakuan pak Penghulu banyak calon pengantin yang ingin menikah di tanggal 2 Februari 2020, yang dinilai sebagai tanggal cantik yakni 0202. 

Banyaknya yang ingin melaksanakan akad nikah ditanggal tersebut membuat KUA Sungailiat kualahan. Untuk yang meminta 2 minggu sebelumnya, pak penghulu menolak. Untuk akad nikah antara Bambang dan Sera sudah mengajukan jauh-jauh hari.

Keterlambatan sekitar 1 jam, menurut pak Penghulu karena melaksanakan akad nikah di tempat lain sebelumnya. Belum lagi terlambatnya kedatangan mempelai laki-laki ke tempat mempelai wanita. Akhirnya pelaksanaan akad nikah salah seorang kerabat ini dapat berlangsung dengan lancar. Dalam akad nikah itu juga ada angka 20 di dalam mas kawin, yakni mas kawinnya berupa gelang emas sebesar 20 mata.

Pesan pak Penghulu kepada kedua mempelai bahwa dalam pelaksanaan hajat pernikahan merupakan hari yang paling bersejarah bagi manusia, selain hari kelahiran dan juga hari kematian. Demikian pula dengan pemilihan tanggal cantik 02/02/2020 agar selalu diingat.

Dalam nasihat pernikahannya, pak penghulu mengingatkan kedua mempelai dapat mengetahui kewajiban sebagai suami dan istri. Semoga menjadi keluarga sakinah  mawadah, warohmah.

Beberapa penikahan juga berlangsung di Sungailiat pada tanggal 20 Februari 2020 yang dipilih sebagai tanggal cantik yakni 02/02/2020. Semoga pasangan-pasangan yang menikah di tanggal cantik ini, tidak hanya menggingatkan tanggalnya tapi lebih dari itu yakni menjaga dan mempertahkan pernikahan hingga akhit hayat. Amin.

Salam dari pulau Bangka.

Rustian al ansori.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline