Lihat ke Halaman Asli

Rustian Al Ansori

TERVERIFIKASI

Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

PLN Dapat Hibah Tanah dari Pemkab Bangka

Diperbarui: 2 November 2016   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bupati Bangan & GM PLN tandatangan bibah (Dok Humas Bangka)

Sungailiat - PLN Wilayah Bangka Belitung berterimaksih kepada Pemkab Bangka dengan hibah tanah di kecamatan Belinyu yang akan dipergunakan untuk penempatan mesin baru dengan kapasitas 6 x 1000 KW. 

Hal itu dikatakan General Manajer PLN Wilayah Bangka Belitung Rustamaji, Rabu (2/11) pada penyerahan hibah tanah dari Pemkab Bangka kepada PLN di ruang kerja Bupati Bangka. 

“Kekuatan 6 x 100 KW merupakan jumlah yang besar untuk mengimbangi perkembangan yang cepat di Bangka, khususnya di Belinyu dan sekitarnya diantaranya bila nanti ada kawasan industri dapat dipenuhi kebutuhan listriknya,” kata Rustamaji.

Kondisi listrik di Belinyu merupakan kondisi yang paling parah, disebabkan jaringan yang menuju ke Belinyu cukup jauh dari sumber pembangkit. Menurut Rustamaji pertengan tahun 2016, PLN sudah melakukan tindakan untuk melakukan perbaikan listrik di Belinyu, sehinga sekitar 3 bulan yang lalu kondisi listrik di Belinyu sudah lebih baik. 

Dijelaskannya, dengan penambahan mesin 6 x 1000 KW diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan listrik di kecamatan Belinyu dan sekitarnya, namun juga menambah kualitasnya. PLN akan segera melakukan membangun pembangkit listrik di atas tanah hibah dari Pemkab Bangka, diperkirakan pertengahan 2017 masyarakat Belinyu sudah dapat menikmati listrik yang lebih baik. 

Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, tanah yang dihibah Pemkab Bangka sepenuhnya menjadi milikik PLN dan dapat dipergunakan untuk pembangunan pembangkit listrik di kecamatan Belinyu. 

“Selama ini menjadi keluhan masyarakat Belinyu, karena aliran litriknya sering mati. ” tukas Tarmizi. Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Bangka sudah pernah memenuhi kebutuhan listrik di Belinyu dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Disel ( PLTD ), namun kesulitan untuk memenuhi pasokan solar. 

“Langkah PLN ini kami apresiasi dengan baik, kami ingin membangunan Belinyu ini secara bertahap dibaratkan makan bubur panas bila dimakan dari tengah akan terasa panas, sehingga makannya dari pinggir,” kata Tarmizi. 

Diharapkannya, PLN segera dapat merealisasikan pembangunan pembangkit listrik sehingga masyarakat Belinyu dapat merasakan dan menikmati aliran listrik hingga kedaerah terpenncil. 

“Semua desa dan dusun di kabupaten Bangka sudah masuk aliran listrik, untuk itu saya berterimakasih kepada PLN,” pungkas Bupati Bangka. 

Penandatangan berita acara hibah tanah di Belinyu dari Pemkab Bangka kepada PLN juga disaksikan Sekda Bangka Fery Insani, para Asisten, Kepala SKPD terkait dilingkungan Pemkab Bangka dan jajaran PLN.(Rustian/Pres Release)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline