Lihat ke Halaman Asli

Rusman

Libang Pepadi Kab. Tuban - Pemerhati budaya - Praktisi SambangPramitra

Rusman: Artikel "Guru Berkreasi, Murid Beraksi"

Diperbarui: 31 Maret 2019   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dok. pribadi)

Oleh: RUsman

(Pengawas SD Kab. Tuban).

Dalam pembelajaran sangat diharapkan guru melakukan improvisasi yang bisa mendorong siswa-siswinya aktif melakukan kegiatan-kegiatan nyata.

Salah satu kreativitas yang diharapkan bisa dilakukan oleh guru adalah membuat APM (alat peraga murah). Ialah sejenis alat peraga atau media pembelajaran yang dibuat dari bahan-bahan berharga murah atau bahkan dari benda-benda tak terpakai di rumah.

(dok. pribadi)

Seperti yang dibuat oleh ibu Alfiana yang mengajar di kelas satu SD di wilayah kabupaten Tuban ini tepatnya di kecamatan Montong. Beliau berkreasi membuat tanda kehadiran untuk mendorong siswa selalu datang ke sekolah lebih pagi.

Ada lagi alat peraga kupu-kupu terbang, yang bisa merangsang daya khayal (otak kanan) bahwa suatu saat kita harus bisa terbang untuk mencapai cita-cita.

screenshot-2018-10-28-08-24-50-5bd521fc6ddcae39205a0818.png

Masih banyak yang bisa diperbuat oleh para guru yang pada intinya memberikan manfaat bagi pengembangan daya pikir, daya nalar, daya khayal serta potensi-potensi lain dalam diri laskar pelangi mereka di sekolah.

Selamat para guru muda, di pundak kalianlah kelak tercipta masa depan generasi bangsa. Kami berharap banyak pada kalian!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline