Lihat ke Halaman Asli

rusmantara

pegawai

Pemaparan Kurikulum MTsN 1 Bantul 2024/2025 dalam Uji Publik Kurikulum

Diperbarui: 4 Agustus 2024   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

paparan kurikulum (foto: suprihaikal)

 

Bantul (MTsN 1 Bantul)---Waka Kurikulum MTsN 1 Bantul, Erna Rahayu, M.Pd. memaparkan rancangan Kurikulum MTsN 1 Bantul Tahun Ajaran 2024/2025. Kurikulum yang merupakan program perencanaan dan pedoman untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik di masa depan itu di ujikan di depan publik Rabu (31/7/2024) di Aula MTsN 1 Bantul.

Uji Publik Kurikulum MTsN 1 Bantul yang dimulai pukul 13.00 hingga 15.00. WIB itu dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Ahmad Shidqi, S.Psi., M.Eng., Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul,  Etyk Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd. Kepala Madrasah, Sugiyono, S.Pd., Kepala Tata Usaha, Retno Siwi Handayani, S.E., guru dan pegawai, Ketua Komite, Perwakilan orang tua siswa, dan perwakilan siswa.

Dalam pemaparan Erna Rahayu mengawali dengan masalah perundungan, narkoba serta merokok. Untuk menekan ketiga hal itu supaya tidak timbul lagi, madrasah menghadirkan Polsek Kapanewon Sewon, Bantul dalam acara Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) pada tiap PPDB termasuk PPDB tahun 2024 ini. 

Aghisna: madrasah adiwiyata, bebas sampah (foto: suprihaikal)

Menurut guru pengampu bahasa Inggris ini, pembelajaran kelas 7 dan 8 ke depan harus menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar tersebut meliputi gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik.

"Prestasi akademik alhamdulillah ada 109 prestasi. Untuk karakteristik pendidik terdiri dari 32 pendidik ASN, 6 GTT (Guru Tidak Tetap). Lulusan S1 ada 32, S2 ada 6. Guru bersertifikasi ada 26, belum bersertifikasi ada 12. Untuk tenaga kependidikan ada 5 ASN dan 5 PTT (Pegawai Tidak Tetap). Jika ditotal GTT dan PTT ada 11 " tutur Erna Rahayu

setelah menjelaskan pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 1 bantul, dia lalu memaparkan sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah.

"Karakteristik sarana prasana alhamdulillah setiap kelas sudah ada LCD, komputer yang digunakan untuk anak-anak 100 buah dengan 3 server. Kemudian jaringan internet ini yang mungkin masih perlu dibenahi. (Koneksi) jaringan internet kadang datang dan pergi sesuka hati" seloroh Erna Rahau.

"Perpustakaan sudah terakreditasi secara nasional dan insya-Allah akan ada reakreditasi perpustakaan. Musala perlu mendapat perhatikan karena belum mampu menampung 556 siswa. Jadi untuk salat harus bergilir. Kelas 7 dan 8 terlebih dahulu. Kelas 9 masih KBM kemudian ketika kelas 7 dan 8 selesai Kelas 9 baru salat Dzuhur. Begitu juga salat 'Asar dilaksanakan secara bergantian" tutur Erna Rahayu.

Muhammad Nasir: benahi jarimngan internet (foto: suprihaikal)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline