Pendidikan dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagi strategi dan pendekatan untuk menyusun ( Tujuan Pembelajaran) TP dan alur tujuan pembelajaran ( ATP). Yang harus di perhatikan,TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria sebagia berikut :
TP ( Tujuan Pembelajaran)
1.Kompetensi - kampuan yang mencakup sikap ,pengetahuan ,dan ketrampilan yang dapat didemontrasikan peserta didik.
2.Konten- Ilmu pengetahuan inti/ konsep.
ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran).
1.Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus di kuasai.
2.ATP dalam satu. fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear.
3.ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antara fase.
Merumuskan TP dan ATP dari kalimat CP.
Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP.sedangkan TP dapat diambil refensi dari berbagai sumber dengan catatan: Kep sek atau guru mampu memahami kalimat tersebut dan indendikasi dimensi Profil pelajaran Pancasila yang dapat terkait dengan kompetensi yang ingin di capai.
Contoh Tujuan Pembelajaran (TP)