Bagimana cara memahami sebuah CP ? Ingat kembali penjelas dan latihan yang sudah kita lakukan ? Ada 3 tahapan untuk merumuskan TP dan ATP dengan menggunakan CP sebagai acuan :
1.Idenfikasi hasil yang di inginkan
2.Menentukan bukti dan asesmen.
3.Merencanakan tahapan kegiatan pembelajaran .
Untuk hasil yang di inginkan adalah :
1.Apakah perlu didengar, ,baca,dilihat,dijelaskan ditemukan oleh peserta.
2.Pengetahuan dan keterampilan apa yang perlu di kuasai peserta.
3. Apa ide-ide besar dan pemahaman penting yang harus di pertahankan peserta setelah mengikuti pembelajaran
Maka ini bisa membantu kita untuk membuat tujuan pembelajaran yang kongrit dan spesifikasi dan menentukan konten terbaik juga bisa mengidenfikasikan hasil yang di inginkan.
Karakteristik sekolah dalam KOS ( Kurikulum Operasional Sekolah) perlu di perhatikan apabila dalam melaksanakan di sekolah masing-masing.
TP dan ATP juga bisa digunakan berbagi strategi dan pendekatan untuk menyusun TP (Tujuan belajar ) dan alur Tujuan Pembelajaran (ATP).