Lihat ke Halaman Asli

Rusmana St

Proposional / guru

Membuka God Spot

Diperbarui: 6 Oktober 2022   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kecerdasan Spiritual (SQ) terdapat di dalam Got Spot atau Lobus Temporal,yaitu bagian otak yang terletak di bawah pelipis.Menurut para ahli neurlogi ,ada bagian otak manusia yang mampu kehadiran spiritual,menyadari kehadiran Tuhan dan memaknai kehidupannya.Bagian  otak inilah yang kemudian kita sebut God spot.

Kisah penemuan Got Spot ini berawal ketika  pada tahun 1990 Michael persinger seorang ahli saraf berhasil membuktikan tentang eksistensi Got Spot pada otak manusia .

Hal ini kemudian di perkuat lagi V.S Ramachandran dan timnya dari California  university pada tahun 1996, yang menyatakan bahwa Got Spot atau pusat spiritual ini sudah " built in" pada otak manusia pada era tahun saat yang sama ,seorang ahli saraf Austria Wolf Singer menunjukan bahwa dalam otak manusia ada proses saraf yang mempersatukan dan memberikan proses saraf mempersatukan an memberikan makna pada pengalaman hidup kita.jaringan saraf tersebut mengikat pengalaman berharga kita,dan mendorong kita untuk hidup hidup lebih bermakna.

Temuan ini disebut sebagai The Binding problem. pada kenyataan,banyak  diantara para pengusaha dan profesional,justru merasa hidupnya lebih bermakna,ketika memberikan dengan penuh kasih sayang,ketika bersikap peduli pada sesama,berlaku jujur pada orang lain dan sebagiannya,Hebatnya,mereka melakukan semuanya itu bukan karena uang,nama,atau jabatan.

Dalam ajaran Islam ,pemaknaan mengenai Got Spot ini tidak hanya sebatas pada hal-hal yang dilakukan diatas saja. keberadaan Got Spot menunjukan adanya hubungan manusia dengan Tuhannya,sehingga manusia lebih tawakal dalam mengarungi ke hidupannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline