Lihat ke Halaman Asli

Rusma Indah Prastiwi

رسم إندح فرستوي

Sistem Ekonomi Kerakyatan Indonesia

Diperbarui: 9 November 2020   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sistem perekonomian Indonesia adalah sistem yang dibentuk dan direncanakan oleh pemerintah untuk mencapai kemakmuran rakyatnya maka dari itu sistem perekonomian Indonesia sangatlah baik karena semuanya bertujuan untuk kemakmuran rakyatnya tetapi karena banyaknya penduduk Indonesia dan luasnya wilayah Negara Indonesia serta kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas maka dari itu masih diperlukan proses yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kemakmuran rakyatnya.

Sistem perekonomian Indonesia antara lain :

•Sistem ekonomi demokrasi

•Sistem ekonomi kerakyatan

•Sistem ekonomi Indonesia dalam UUD 1945

•Dan lain-lain...

Menurut pandangan saya sistem ekonomi yang lebih cocok di Indonesia adalah sistem ekonomi kerakyatan. Sistem ekonomi kerakyatan adalah sistem yang memprioritaskan kekuatan ekonomi rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran hidup rakyat.

Mengapa saya katakan seperti itu? Karena dengan banyaknya penduduk Indonesia dan mayoritas tinggal di pelosok-pelosok desa serta dengan luasnya wilayah Negara Indonesia yang di dalamnya telah tersusun struktur pemerintahan yang rapih mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan atau desa.

Maka dengan mudah pemerintah membentuk unit-unit usaha dari tingkat pedesaan sampai tingkat provinsi. Dimana pemerintah tingkat pusat bertugas sebagai pembina dan memberikan fasilitas untuk unit-unit usaha yang dibentuk dari tingkat pedesaaan sampai tingkat provinsi.

Unit-unit usaha yang dibentuk harus disesuaikan dengan keadaan masyarakatnya dan sumber daya alam yang tersedia di tiapa-tiap provinsi dimana sumber daya alam ditiap provinsi berbeda-beda. Jika unit-unit usaha ini dapat dibina dengan maksimal maka akan tumbuh perekonomian masyarakat diseluruh pelosok Negara Indonesia sehingga kemakmuran masyarakat dapat terwujud, contohnya : 

1.pembentukan usaha bisnis di daerah dieng provinsi Jawa Tengah yang potensialnya untuk penanaman kentang maka dibuatkanlah unit-unit usaha yang berhubungan dengan kentang misalnya : kentang goreng, keripik kentang, dari unit terkecil sampai tingkat pabrikasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline