Lihat ke Halaman Asli

Dua Puluh Finalis Perebutkan Gelar Duta Wisata Kutim

Diperbarui: 26 April 2018   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto arsip

Sangatta- Dua puluh peserta beradu talenta di Grand Final Pemilihan Duta dan Putri Pariwisata 2018 Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Wakil Bupati Kutim H. Kasmidi Bulang berharap siapa pun yang terpilih mampu mengemban tugas dalam mempromosikan pariwisata daerah.

"Pemenang di acara ini bukan hanya sekedar label dan seremoni," terang Kasmidi di Gedung Buana Mekar, Kecamatan Sangatta Utara, Rabu (25/4) malam.

Dia pun mengatakan kini pariwisata dipercaya mampu mengerakkan dan menumbuhkan ekonomi di daerah. Untuk itu pemenang duta pariwisata harus mampu megaung potensi lewat kapasitas yang dimiliki, mulai dari  pesona hutan, lalu keindahan bawah laut, hingga pantai yang di miliki Kutim.

"Tinggal kepiwauan dalam mengemas dan menampilkan informasi tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut, Kasmidi juga menginginkan agar pariwisata terus ditingkatkan. Sebab hasilnya bisa langsung dirasakan dan dinikmati warga, tidak seperti pengelolaan hasil bumi yang harus menunggu perhitungan bagi hasil. Semua menyadari sengala pergerakan butuh proses. Namun rasa optimis harus tetap dipengang sehingga sektor ini hidup dan bisa merangkul barang dan jasa disekitarnya untuk ikut bergerak.

"Saya dan  Bupati Ismunandar terus mendukung. Melalui eksebisi Gua Karst, terbukti masuk dalam pesona indonesia. Sekarang giliran Long Plai lagi,"ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kutim Suparto menjelaskan pemilihan putra putri duta wisata ini dimaksudkan untuk menyaring generasi terbaik dalam berkepribadian dan memiliki ilmu pengetahuan pariwisata yang lebih.

"Agar duta ini menjadi pelopor dan branding dalam kepariwisataan Kutim," ujar Suparto.

Suparto juga menambahkan pihaknya telah melakukan seleksi sejak 31 Maret lalu, dan 23 April dilakukan karantina yang berguna untuk meningkatkan nilai intelektual dan spiritual. Para peserta yang kini berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 putra dan 10 putri.

"Ini dimaksudkan agar peserta yang terlibat bertambah wawasan dan pengalaman," terangnya.

Dari hasil penilaian para juri M. Shiddiq Ar Rozaq di daulat menjadi Putra Duta Wisata dan sekarang dirinya tengah menekuni pekerjaan sebagai TK2D di Bagian Hukum Setkab Kutim. Lalu sebagai Putri Duta Wisata jatuh pada Uci Zahra Fani yang dirinya baru saja menyelesaikan Strata 1 di Universitas Mulawarman. Dan terakhir Winda Pratama Putri yang masih mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan berhasil menyabet gelar Putri Pariwisata 2018.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline