Lihat ke Halaman Asli

Ruslan Andy Chandra

Sekilas tentang Ruslan Andy Chandra

Smart Gampong Masuk Kampus Politeknik Negeri

Diperbarui: 29 Juli 2021   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ismunazar SE, MM (kanan) Ketua Tim Smart Gampong  menyaksikan  penyerahan plakat Pelatihan (dokpri)

DalamProgram pelatihan Perangkat Desa  bergengsi yang sampaikan oleh Tim Smart Gampong Indonesia.  Mendapat apresiasi dari  beberapa Kepala Desa/Geuchik. Karena penyelenggaraannya sangat bermanfaat. Tak kalah menariknya adalah  diselenggarakan pelatihan tersebut  di Kampus Politeknik Negeri, Lhok Seumawe (27/7).

Materi yang disampaikan tentang Digitalisasi Desa atau Smart Gampong. Hal tersebut selain mengoptimalkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Sekaligus juga penerapan digitalisasi desa atau Smart Gampong.  

Sesuai dengan kebijakan Kementrian keuangan, terkait arah kebijakan Dana Desa  (DD) 2021, tertera jelas bahwa prioritas DD untuk dipergunakan dalam mendorong transformasi ekonomi Desa. Melalui Desa digital dan dukungan program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Permendes Nomor 13 tahun 2020 Tentang Prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 yang salah satunya adalah untuk program digitalisasi desa.  Demikian disampaikan Ismunazar SE, MM dalam pembukaan Sosialisasi dan Penerapan Smart Gampong di Politeknik Negeri LhokSeumawe.

Lebih lanjut dijelaskan Ismunazar bahwa  kehadiran aplikasi berbasis Web Based yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile dalam manajemen pemerintahan desa adalah suatu keharusan.

Dalam pelatihan tersebut hadir Sekretaris Desa bersama Operator Desa dari Kecamatan Kuta Makmur dan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Selain itu tampak  Sukran dari Politeknik Negeri Lhok Seumawe, Ruslan Andy Chandra, Mantan Staf Ahli DPD RI dan  Jurnalis dari RRI.

Para peserta tampak puas dengan arahan dan penjelasan Instruktur/Mentor Muadi Buloh dari Tim Smart Gampong.  Hal tersebut disampaikan oleh Ramli, Sekretaris Desa  Riseh Tunong dan Anwar, Sekretaris Desa  MP Bahagia

Aplikasi Smart Gampong yang akan diterapkan di desa/Gampong. Merupakan sistem yang berbasis website Gampong. Mencakup  fitur-fitur penting. Seperti;
Layanan Pusat Informasi Desa berbasis Website & Android, Layanan Aplikasi Surat berbasis web & android (e-letter) dan memiliki berbagai akses informasi. Khususnya menyangkut informasi sebuah desa, profil, surat menyurat, luas wilayah desa, dan beberapa item penunjang lainnya yang dapat memudahkan tata kelola administrasi desa di era digitalisasi.i Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini tergolong sangat ringan. Sehingga mudah diterapkan pada perangkat komputer maupun. Termasuk di Smartphone Android. 

Pada penutupan acara tersebut di Kampus Politeknik LhokSeumawe tersebut. Ismunazar SE, MM menyatakan  bahwa aplikasi Smart Gampong didedikasikan untuk mendorong terbangunnya keterbukaan informasi kepada publik. Memudahkan aparat Pemerintahan Desa dalam mengelola dan mengakses data profil Desa. Sampai pada pembuatan administrasi desa, dalam sebuah sistem informasi serta pelaporan secara elektronik dan sangat cepat 

"Alhamdulillah Program Aplikasi Ini sudah di Terima dan di Terapkan di beberapa kabupaten, seperti Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Minahasa Utara dan Bener Meriah," ujar Ismunazar.

Harapan dan mimpi besar Ismunazar adalah agar program digitalisasi desa dapat  mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Sehingga semua kegiatan pemerintahan menjadi lebih maksimal. Selain hal tersebut,  digitalisasi Desa harus menjadi Program Prioritas Kemendes di Tahun 2022. Apalagi dimasa Pandemi  Covid-19 ini, ujar Ismunazar menutup pembicaraan dengan Kompasiana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline