Lihat ke Halaman Asli

Ruslan Andy Chandra

Sekilas tentang Ruslan Andy Chandra

Gampong Dayah Nibong Siap Memasuki Era Industri 5.0 Desa Digital

Diperbarui: 26 Juli 2020   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Smart Gampong sedang mendampingi kader desa Dayah Nibong pada saat proses input data kependudukan ke sistem aplikasi Smart Gampong/Foto TSM


Acek Utara - Perkembangan teknologi informasi yang demikian sangat cepat. Harus diikuti oleh kemampuan sumber daya manusia yang  unggul dan cerdas. Desa bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan teknologi informasi. Sehingga  dengan menjadikan desa digital. Maka potensi desa dapat dibangun dan dikembangkan untuk kemajuan dan kemakmuran desa.

"Gampong Dayah Nibong, Aceh Utara sudah memulainya dengan menjadi salah satu Gampong pengguna Aplikasi Smart Gampong. Dengan demikian  maka Gampong Dayah Nibong sudah siap untuk memasuki era industri 5.0. Dimana peran teknologi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan Gampong yang maju dan modern" Demikian disampaikan Ismunazar, SE, MM (24/7). Selaku Insiator dan pengembangan aplikasi Smart Gampong di Indonesia.

Ismunazar menambahkan bahwa, Sosialisasi dan Pelatihan serta penerapan Aplikasi Smart Gampong dilakukan selama 2 hari mulai tanggal 14-15 Juli 2020.


Tim Smart Gampong juga memfasilitasi dan mendampingi Kader Desa Gampong Dayah Nibong melakukan kunjungan verifikasi data ke setiap rumah penduduk untuk mendapatkan informasi langsung  dari kepala keluarga,hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan base data Gampong melalui program smart Gampong.

Kader Smart Gampong.. melakukan verifikasi data kk ke setiap rumah penduduk utntuk memastikan kebenaran data tersebut/Foto TSM.

"Pelatihan kali ini menghadirkan Tim IT Smart Gampong dari Kota Medan Sumatera Utara, Abdul Kadir Syamsuir, ST dan Hamdani Nasution, SE serta dibantu oleh Tim Smart Gampong Blang Matangkuli, Mahlil, serta Musliadi yang merupakan tim pelopor Smart Gampong Digital di Aceh Utara yang sudah merasakan manfaat dan kemudahan dari pemakaian Aplikasi Smart Gampong tersebut" pungkas Ismunazar." 

Mengakhiri perbicangannya denga Ruslan Andy Chandta dari Kompasiana, Jakarta. Ismunaza berharap. Semoga dengan penerapan dan pelatihan Smart Gampong akan diikuti oleh Gampong lainnya di Kecamatan Nibong serta desa-desa lainnya di Aceh Utara" ungkapnya.

Menurut pantauan, kegiatan pelatihan Smart Gampong turut dihadiri oleh perwakilan Camat Nibong, Ketua Forum Nibong Tgk.Isnaini, Geuchik Dayah Nibong Tgk. Razami, Keurani Hamdani Mahmud, SE, dan Tuha Peut Dayah Nibong serta masyarakat sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline