Lihat ke Halaman Asli

Rushans Novaly

TERVERIFIKASI

Seorang Relawan yang terus menata diri untuk lebih baik

Menjajal Kehandalan Andromax 4G dalam Swasembada Pangan #Go4GReady

Diperbarui: 29 Juni 2015   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kecepatan berinternet menjadi kebutuhan setiap orang tak terkecuali seorang Konsultan pertanian seperti penulis. Profesi Konsultan pertanian 70% pekerjaannya ada dilapangan sisanya baru duduk manis di belakang meja. Mengunjungi para petani yang tersebar dalam satu wilayah tugas yang sangat luas. Bayangkan satu Kabupaten. Kebayang begitu jauhnya perjalanan yang harus ditempuh. Sementara laporan dan perkembangan pertanian harus terus diupdate. Program mulia yang ditargetkan Presiden Jokowi adalah swasembada pangan , cita cita yang harus diwujudkan dalam tiga tahun ini. Kerja keras semua pihak menentukan keberhasilan  swasembada pangan (Padi) .

Swasembada pangan terkait erat dengan Food Security . Salah satu ciri negara yang berdaulat atas dirinya sendiri adalah kemampuan bangsa itu dalam menjaga Food Security dan Energy Security. Bila dua hal penting itu lepas maka bisa dipastikan negara itu akan mudah sekali dipermainkan pihak asing.

Penulis merasakan betul kebutuhan berinternet menjadi hal pokok yang harus dimiliki. Beruntung , PT Smartfren Telecom, Tbk beberapa waktu yang lalu mengeluarkan 5 produk smartphone anyarnya. Hebatnya semuanya sudah memiliki konektiviti 4G LTE. Jaringan terbaru yang telah hadir. Dalam sebuah ujicoba kecepatan 4G LTE  pada Andromax 4G mampu melesat hingga diatas 50 Mbps ketika dijajal di Bali .

Kelima produk yang baru hadir , Andromax serie R, Q, Qi, Es dan Ec. Kelimanya memang hadir memenuhi selera dan kemampuan pasar smartphone di Indonesia. yang jelas PT Smartfren mengerti betul kebutuhan dan kemampuan pasar dengan ceruk yang relatif berbeda.

Sebagai konsultan pertanian yang bergerak terus dari satu desa ke desa yang lain. Pilihan penulis jatuh pada Andromax R. Dari keempat saudaranya, andromax R memang paling mumpuni walau dibanderol tak terlalu mahal. Cukup terjangkau bagi seorang konsultan pertanian yang penghasilannya terbatas.

Kehandalan Kamera

Dalam menjalankan tugas sebagai konsultan pertanian , penulis harus melakukan dokumentasi berupa foto dan Video . Mengambil gambar kegiatan petani, gambar alat pertanian, gambat contoh bibit dan berbagai hal terkait kegiatan pertanian. Kualitas gambar yang dibutuhkan harus jernih, tajam dan detail. Apalagi penulis juga harus melakukan foto selfie untuk memastikan penulis juga hadir ditempat tersebut dan terlibat pada kegiatan dengan para petani.

Kamera Andromax R sudah dilengkapi Dual LED Flash. Dengan kekuatan kamera belakang 8 Mega Pixel (MP) maka hasil foto andromax R menjadi tajam dan jernih. Kinerja kamera belakang nampaknya sangat memadai dalam pengambilan gambar dalam ruang dan luar ruang. Pun ketika harus mengambil gambar didalam gudang( lumbung) padi yang cahayanya terbatas. Ketersedian LED Flash bisa mengatasi kekurangan cahaya. Sehingga hasil gambar bulir bulir gabah dapat diambil sempurna. Fitur Autofocus juga memudahkan dalam menghasilkan gambar yang lebih detail. Ini sangat diperlukan ketika pengambilan gambar pada hama yang menyerang batang dan daun tanaman.

Untuk kamera depan Andromax R telah dibekali kekuatan 5 Mega Pixel dan juga dilengkapi LED Flash. Kekuatan 5 MP memungkinkan sudut gambar yang diambil jauh lebih lebar.  Apalagi berselfie diantara petani akan memancing petani yang lain ikut ikutan berselfie. Mungkin salah satu kenang kenangan yang petani inginkan adalah foto mereka hadir bersama penyuluh dan konsultan pertaniannya. Ya, petani juga narsis.

Kamera Andromax R selain memenuhi kebutuhan pengambilan gambar foto juga mampu merekam video kegiatan pertanian dalam kualitas Full HD 1080p. Video kegiatan pertanian mulai dari proses tanam, pengolahan, panen hingga pasca panen harus didokumentasikan dalam bentuk video. Kualitas video Full HD yang dihasilkan sangat membantu dalam proses pelaporan dan dokumentasi pembelajaran bagi kelompok tani ditempat lain. Jadi ada bukti otentik yang dapat dilihat secara gambar dan video.

Sistem Operasi dan Konektiviti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline