Lihat ke Halaman Asli

kkntubaba04

Mahasiswa

Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi POC oleh Mahasiswa KKN-T IPB 2023 di Desa Candra Kencana

Diperbarui: 23 Juli 2023   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN-T IPB 2023 di Desa Candra Kencana

Desa Candra Kencana yang berada di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki potensi lahan pertanian yang luas. Selain bertani, beberapa masyarakat Desa Candra Kencana juga beternak sapi atau kambing di sekitar rumahnya. Hal tersebut selaras dengan program Gerakan Kebun Kandang Kolam Wisata (K3W) yang dicanangkan oleh Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Rata-rata petani di desa tersebut masih mengandalkan pupuk kimia buatan pabrik. Namun, para petani mengeluhkan mahalnya harga pupuk kepada kelompok mahasiswa KKN.

Melihat potensi dan permasalahan tersebut, kelompok mahasiswa KKN-TI IPB 2023 mencanangkan program sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah ternak yang telah dilaksanakan pada Sabtu (15/7). Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Kesenian Desa Candra Kencana yang diikuti para warga yang memiliki lahan maupun hewan ternak. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Zaenal Abidin, S.Pd. selaku Kepala Desa Candra Kencana. Limbah ternak yang digunakan langsung diambil dari kandang milik salah satu warga. Kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang pengertian, manfaat, kandungan, serta cara pengaplikasian POC. Setelah itu disambung dengan demonstrasi cara pembuatan POC. 

Warga yang hadir cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut ditandai dengan turut melakukan demonstrasi pembuatannya. Pada sesi diskusi, beberapa warga mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan berdasarkan pengalamannya. Salah satu penanya pada sesi diskusi adalah Bapak Hafid selaku ketua RW 3. Saat ini beliau sudah mencoba mempraktikkan pembuatan POC di rumahnya dengan kapasitas yang lebih besar. Harapannya, para warga yang lain juga dapat menerapkan pembuatan POC dengan limbah ternaknya agar dapat mengurangi dosis pupuk kimia. Dengan demikian, biaya pupuk untuk menanam di kebun dapat berkurang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline