Lihat ke Halaman Asli

Rusdi Mustapa

Guru sejarah yang suka literasi, fotografi, dan eksplorasi

Taekwondo MAN 1 Solo Berjaya di IYOS

Diperbarui: 22 Desember 2015   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh taekwondo MAN 1 Solo. Prestasi ini ditorehkan dalam even Indonesia Youth and Sport (IYOS), sebuah even tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, yang ditujukan bagi atlet-atlet pemula. Tahun ini merupakan perhelatan ke 12 kali IYOS dan diselenggarakan pada 19 - 20 Desember 2015 bertempat di gedung POPKI Cibubur. Pada kesempatan ini taekwondo MAN 1 Solo kembali ambil bagian untuk kedua kalinya dengan mengirimkan taekwondoin sebanyak 36 orang, terdiri dari tim putra sebanyak 22 orang dan tim putri sebanyak 14 orang. Meraka berasal dari kelas X - XI dan  turun di kelas kyorugi (tarung) dan poomsae (jurus). 

Menurut penanggung jawab tim taekwondo MAN 1 Solo, Rusdi Mustapa, S.Pd, keikutsertaan MAN 1 Solo dalam even IYOS sebagai upaya untuk menambah jam terbang siswa dalam pertandingan taekwondo, selain itu juga untuk meraih prestasi setinggi-tingginya. Seperti diketahui, kegiatan taekwondo merupakan salah satu kegiatan ekstra olah raga yang diadakan di MAN 1 Solo. Menurut pak Rusdi, ekstra taekwondo berkomitmen untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan taekwondo dan juga secara rutin mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Karena progres suatu kegiatan beladiri salah satunya bisa diukur dari UKT yang diikuti dan partisipasi dalam kejuaraan-kejuaraan yang diadakan.

Dalam gelaran IYOS kali ini tim taekwondo MAN 1 Solo berhasil meraih 42  medali dengan rincian 10 medali emas, 18 medali perak dan 14 medali perunggu. Capaian ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya yang meraih 16 medali. Pencapaian ini terbilang sangat fenomenal mengingat kenaikannya sangat signifikan. " Hasil ini merupakan buah dari latihan yang dijalani para siswa dan juga bimbingan dari tim pelatih," kata pak Rusdi yang telah menjadi penanggung jawab taekwondo MAN 1 Solo sejak 2012.  Semoga prestasi ini bisa meningkat dalam even-even kejuaraan taekwondo yang lain.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline