Lihat ke Halaman Asli

Rusdi El Umar

Guru di SMPN 1 Batang-Batang

Jelajah Alam Hari Pendidikan Nasional 2024

Diperbarui: 4 Mei 2024   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Jelajah Alam Hari Pendidikan Nasional 2024

(SMP Negeri 1 Batang-Batang) 

Hari ini, Sabtu, 4 Mei 2024, merupakan puncak giat acara Hardiknas 2024 SMPN 1 Batang-Batang. Diawali dengan upacara bendera (2/5/2024), dilanjutkan dengan acara bazar (kelas 7 & 8). Keesokan harinya, Jumat, 4 Mei 2024 merupakan kegiatan lomba Majalah Dinding (Mading). Hari ini, adalah acara puncak sehubungan dengan Hardiknas 2024.

Dok. Pribadi

Peserta didik kelas 7 dan 8 dari sejak sehari sebelumnya telah mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Jelajah Alam. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta didik memahami bahwa alam adalah ruang lingkup (hidup) yang harus dilestarikan. Kita harus merawat alam agar selalu bersedia memberikan apa yang kita butuhkan.

Dok. Pribadi

Lebih dari itu, jelajah alam juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi terkait dengan berbagai karakter. Seperti nilai-nilai kebersamaan. Persatuan dan kesatuan. Kesabaran. Ketabahan. Kecerdasan dalam menggunakan tanda-tanda alam. Dan masih banyak lagi hikmah yang lainnya.

Jelajah Alam kali ini menjelajah rute yang telah ditentukan oleh panitia. Dalam hal ini, yang berperan langsung dalam kegiatan ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam Kampus Mengajar. Mereka merancang segala hal terkait dengan program jelajah alam. Dan lomba ini telah memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan bagi para peserta didik.

Dok. Pribadi

Terbagi menjadi beberapa POS yang harus dilewati oleh peserta Jelajah Alam. Pada setiap POS ada pembina yang akan memberikan ujian. Baik secara fisik, kecerdasan, maupun mental. Nah, dari aksi inilah kemudian muncul pengalaman pengalaman yang menyenangkan. Kadang menggelikan. Bisa juga membuat peserta penasaran. Dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline