Lihat ke Halaman Asli

Rusdi El Umar

Guru di SMPN 1 Batang-Batang

Pelatihan dan Pendampingan Rasch Analisis Kerja Sama Unija dan MGMP-IPA Sumenep

Diperbarui: 11 November 2023   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Sumenep, 11 November 2023, Pada hari yang penuh antusiasme, Tim Dosen IPA Universitas Wiraraja menggelar acara Pelatihan dan Pendampingan "Rasch Analisis" yang diselenggarakan di SMPN 3 Sumenep. Acara ini dihadiri oleh peserta dari anggota MGMP-IPA Sumenep sebanyak 40 orang. 

Rangkaian acara dimulai dengan Registrasi Peserta, diikuti oleh Pembukaan resmi acara. Sambutan hangat (karena diawali dengan lirik pantun) dari Ketua MGMP IPA Sumenep, Faishal Habsyi, S. Si., memberikan arah yang jelas terkait pentingnya pengembangan kemampuan Rasch Analisis di dunia pendidikan.

Dok. Pribadi

"Terima kasih kepada para pahlawan pendidikan yang tidak pernah merasa bosan untuk menimba ilmu, termasuk pengetahuan terkait dengan Rasch Analisis," demikian di antara pengantar Pak Faishal sekaligus meresmikan acara pelatihan kali ini. 

Setelah pengantar, peserta diuji melalui Pre-test untuk mengevaluasi pemahaman awal mereka. Dr. Habibi, S. Si, M. Pd., menyajikan Dasar Asesmen, memberikan landasan kuat untuk pemahaman konsep Rasch Analisis. Menurut Habibi, ada 3 asesmen yang perlu dipahami. Pertama, asesmen of learning, kedua, asesmen for learning, dan ketiga, asesmen as learning. 

Dok. Pribadi

"Ketiga proses asesmen tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing untuk meningkatkan kualitas pengajaran," demikian di antara penyampaian materi oleh Bapak Habibi. 

Dr. Anik Anekawati, M. Si., kemudian mengambil alih panggung dengan Pengantar Rasch Analisis, memberikan wawasan mendalam tentang aplikasi metodologi ini. Menurut Ibu Anik, Rasch Analisis adalah sebuah sarana untuk menganalisa terkait dengan uji kompetensi siswa dalam hal berbagai macam aspek penilaian. 

Sesuai dengan jadwal, istirahat ISHOMA dijadwalkan untuk memberikan peserta kesempatan berinteraksi dan berdiskusi. Pada saat ISHOMA kami peserta pelatihan menginstal aplikasi Ministep sebagai bentuk praktik dan tanggung jawab dalam kompetensi analisa asesmen. 

Dok. Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline