Lihat ke Halaman Asli

Rusdianto

Universitas Mercu Buana

Konsep Berpikir Positif Menurut Dr. Ibrahim Elfiky dan Berkomunikasi Efektif

Diperbarui: 12 April 2023   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://id.pngtree.com/

Pengertian Berfikr Positif

         Syekh Muhammad Mutawalli al-Sya'rawi, mengatakan bahwa akal adalah tongkat pengukur yang digunakan manusia untuk memilih apa yang dipandang lebih baik dan yang akan menjamin masa depan bagi dirinya dan keluarganya. Dengan berpikir, kata James Allan, manusia bisa menentukan pilihannya.

         Berpikir positif dengan kata-kata positif dapat kita iartikan tidak hanya berpikir dengan nalar atau logika, tetapi juga bertindak berdasarkan emosi, termasuk prasangka baik atau buruk. Menurut Ahmad Mufid berpikir positif berarti menjaga keburukan kemudian mencari segala kebaikannya. Sedangkan menurut Raihan Adi Prabowo berpikir positif adalah sikap mental yang melibatkan proses pengumpanan pikiran, perkataan dan gambaran yang membangun perkembangan pikiran.

        Berpikir positif ialah sesuatu kesatuan yang tersusun atas tiga bagian, yaitu isi pikiran, penggunaan pikiran, dan pengendalian pikiran. Berpikir positif ialah berpikir yang mengambil langkah-langkah menuju kesuksesan dalam suatu hidup, karena apapun yang kita lakukan dengan berpikir positif tentu akan menghasilkan hal-hal yang positif.

         Pikiran positif dapat membawa kepercayaan diri, kebahagiaan, kegembiraan, kesehatan, dan kesuksesan dalam situasi dan aktivitas apa pun. Singkatnya, berpikir positif ialah aktivitas pikiran yang bermanfaat yang menciptakan keputusan untuk bertindak yang bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk banyak orang. Itulah mengapa penting untuk menerapkan berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari. Selain manfaat yang diuraikan di atas, berpikir positif lebih baik daripada berpikir negatif. Ini karena pikiran negatif mengarah pada hasil negatif sementara pikiran positif juga mengarah pada hasil positif.

         Manusia adalah makhluk yang sempurna jika dibandingkan makhluk lain. Salah satu kesempurnaan yang kita miliki adalah pikiran. Pikiran dapat menentukan perilaku ke arah positif dan negatif. saya pikir Pikiran positif bisa membawa kebahagiaan dan pikiran negatif bisa seseorang jatuh.

Nilai Dasar Berpikir Positif.

Nilai Dasar Berpikir Positif | Sumber: Dokumen Pribadi

          Pembelajaran formal maupun informal memainkan peran yang sangat penting, didalam pengembangan kepribadian. Dengan bantuan pendidikan, seseorang dapat menumbuhkan benih-benih positif dalam dirinya. Namun dibutuhkan nilai-nilai inti untuk membantu seseorang memperkuat pemikiran positif. Nilai inti yang relevan adalah sebagai berikut:

1) Optimis

        Berani menghadapi suatu kenyataan dan berani melihat dunia di sekitar kita dan diri Anda sendiri, untuk memahami dan menghargai segala sesuatu sebagaimana adanya.

2) bersedia membantu

        Tidak ada tangan yang berat untuk dapat membantu orang lain. Dan jangan takut untuk meminta bantuan kepada orang lain. Nilai ini sangat diperlukan karena pada dasarnya manusia ialah makhluk sosial yang secara harfiah saling membutuhkan bantuan dalam kehidupannya dan saling melengkapi karena tidak ada manusia yang sempurna.

3) Jangan pernah menyerah

       Orang yang memiliki sikap yang gigih, pekerja keras dan pantang menyerah ialah orang yang memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Maka Nilai ini merupakan nilai yang ampuh untuk mencapai harapan.

4) Menghargai ciptaan Tuhan

       Menghormati ciptaan Tuhan berarti menghargai orang lain dan diri sendiri. Mensyukuri segala yang telah diterima dari-Nya juga merupakan sikap penghargaan terhadap ciptaan Tuhan

Konsep Berpikir Positif Menurut Dr. Ibrahim Elfiky

         Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep diartikan sebagai suatu konsep, gagasan, atau pengertian yang abstrak tentang suatu peristiwa tertentu. Berpikir positif adalah kemampuan untuk memfokuskan perhatian seseorang pada sisi positif dari hal-hal dan menggunakan bahasa yang positif untuk membentuk dan mengungkapkan pikiran mereka.

         Dr. Ibrahim Elfiky adalah warga negara Kanada yang berimigrasi ke Mesir. Pakar motivasi atau motivator dan pelatih di bidang pengembangan dan sumber daya manusia. Seperti halnya, konsep berpikir positif yang dimaksud oleh penulis, Dr. Ibrahim Elfiky, yang mengacu pada suatu metode dimana seseorang dapat berpikir positif.

         Salah satu manfaat konsep berpikir positif Dr Ibrahim Elfiky memiliki kemampuan untuk selalu berpikir positif. karena bebas dari ruang, waktu dan pengaruh lainnya. Dan kapan peristiwa yang berulang menjadi kebiasaan. Salah satu nilai religiusnya adalah selalu bersyukur kepada Tuhan Allah SWT. Jadi jika ada masalah atau belum diperbaiki Akar nilai ini. Ini bisa memunculkan seseorang yang adalah Yang untuk menjalani hidup dalam kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan.

         Konsep berpikir positif Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya Membentuk kepribadian yang positif dan berusaha untuk mencapai sesuatu kebahagiaan Ini disebut sebagai jenis pemikiran positif dan kualitas berpikir positif yang Dr. Ibrahim Elfiky Berpikir positif sebagai sumber kekuatan dan kebebasan. Dimana pikiran positif yang dihasilkan memiliki kekuatan dengan sendirinya dan bebas dari tindakan negatif. di atas dan di luar, itu memiliki emosi positif yang ditandai di atasnya Kebahagiaan dan nilai-nilai Islami yang dibentuk oleh iman dan kepercayaan Kepada Allah SWT dan ayat-ayat Al-Qur'an. Jika dilihat dari segi psikologis positif, konsep berpikir positif adalah bagian dari emosi positif Dilihat dari jenis berpikir positif, dari karakteristik berpikir positif dan 3 kekuatan berpikir positif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline