Lihat ke Halaman Asli

Roesda Leikawa

TERVERIFIKASI

Citizen Journalism, Editor, Penikmat Musik Instrumen dan Pecinta Pantai

Tidak Bosan-bosan Untung Sangaji Berbagi dengan Masyarakat

Diperbarui: 17 Januari 2019   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

AKBP. Ir. Untung Sangaji saat memberikan bantuan kepada masyarakat di desa pesisir Sumatera Utara

Baru-baru ini, AKBP Ir. Untung Sangaji beserta timny memberi bantuan berupa alat tulis seperti buku, pena, pensil maupun buku gambar kepada anak-anak nelayang yang tinggal di pesisir pantai Sumatera Utara. 

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat. Pihaknya selalu berkunjung ke wilayah pesisir, mengingat posisi yang diembangnya saat ini adalah Wakil Direktur Polair Polda Sumatera Utara, jadi selain untuk untuk melakukan patroli, dia bersama timnya juga kerap kali berdiskusi dengan masyarakat pesisir, sekaligus memberi bantuan alat tulis kepada anak-anak.

Untung Sangaji saat mengunjungi pemukiman nelayang

Seperti Desa Nelayan Gabion dan Belawan Sumatera Utara, kedua Desa ini pernah dikunjunginya pada awal Januari 2019, di sini anak-anak Sekolah Dasar banyak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena kurang mampu dan tidak miliki alat tulis yang baik, keterbatasan ekonomi para orang tua membuat Untung Sangaji prihatin dan ingin terus meluangkan waktu dengan anak-anak tersebut. Jadi selain berbagi buku, dia  juga menyempatkan waktunya untuk mengajarkan anak-anak melukis.

Dengan penuh kasih sayang bersama anak-anak pesisir

Bagi-bagi buku

Menurutnya, kegiatan bagi-bagi alat tulis tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, bahkan sudah tersebar ke pelosok desa, sehingga masyarakat di sana sangat antusias menyambut kedatangan mereka.

"Anak-anak itu sangat antusias menunggu kedatangan kita di dermaga, namun sedih juga bila ada anak yang tidak mendapat kebagian, tapi kita akan terus berupaya agar anak-anak itu bisa miliki perlengkapan sekolah dan melanjutkan pendidikannya", ungkap Untung.

Antusias anak-anak menyambut Untung Sangaji dan Timnya

Dermaga Desa Nelayan

Dalam lanjutanya, dia berharap semoga dengan memberikan bantuan alat tulis tersebut dapat meringankan beban masyarakat dan tidak ada anak yang putus sekolah lagi hanya karena alasan tak punya buku, sementara untuk buku-buku bacaan, dari Dit Polair Polda Sumut juga sudah miliki Perpustakaan Terapung, dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

Nampak di belakang ada Perpustakaan Terapung, milik Dit Polair Polda Sumut

Dengan menggunakan Sea reader Tactical Timsus yang dimilikinya, Untung Sangaji hanya butuh waktu 45 menit untuk mengunjungi pemukiman nelayan tersebut di setiap hari jumat. Setibanya disana, mereka langsung mendapat sambutan hangat dari anak-anak, nampak juga para orang tua pun ikut mengepung mereka.

Bersama anak-anak pesisir

Perhatian Untung Sangaji di Semua Aspek

Tidak hanya memperhatikan masalah keamanan untuk masyarakat, tetapi kebutuhan-kebutuhan masyarakat lain pun juga disentuh olehnya.  Seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan, industri rumahan, pantai, laut  dan juga pertanian.

Pemberian Bantuan Bibit Durian kepada masyarakat Aceh Utara

Tak ada rasa jenuh atau lelah, dia melakukan dengan hati dan penuh tanggungjawab demi kesejahteraan masyarakat, hidupnya hanya untuk berbuat kebaikan kepada tanah air yang dicintainya.

Pemberian bibit durian

Pemberian bibit durian kepada masyarakat

Bibit Durian pemberian Untung Sangaji ditanam di sekitar lokasi Makam Cut Nyak Meutia

Untung Sangaji bahkan pernah memberikan ratusan bibit durian kepada masyarakat dan anggota Polres Aceh Utara pada 2017 lalu, saat itu dirinya masih menjadi Kapolres Aceh Utara. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline