Lihat ke Halaman Asli

Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri)

TERVERIFIKASI

Guru SD, Penulis buku

Manakah yang Lebih Nyaman, Bekerja di Kantor atau di Rumah?

Diperbarui: 18 Januari 2023   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (PEXELS/ANTONI SHKRABA)

Setelah dua tahun sistem ekonomi dan dunia usaha diterjang oleh badai corona, saat itu juga semua sistem pekerjaan baik swasta maupun pemerintahan berhenti total. 

Stop berkegiatan, semua tidak diperkenankan masuk kerja untuk menjaga penularan covid yang semakin merebak sehingga nyaris roda perekonomian dan pemerintahan lumpuh total.

Saat itulah pemerintah mengeluarkan kebijakan sekaligus menginstruksikan untuk bekerja dari rumah, Work From Home (WFH). 

Demikian juga dunia pendidikan, untuk pertama kalinya guru dan dosen bekerja dan mengajar dari rumah masing-masing.

Tentu ini sebuah pengalaman pertama yang tidak terlupakan. Bagaimana mungkin seorang guru menyampaikan materi terhadap murid dengan tidak bertatap muka, hanya lewat virtual, itulah kenyataan selama dua tahun.

Apakah efektif?

Tentu jawabannya kurang efektif, namun itulah satu-satunya jalan agar pendidikan tetap berjalan. Sekolah-sekolah boleh  tutup, tetapi guru dan murid tetap melakukan pembelajaran di rumah masing-masing.

Kembali pada tema tulisan kali ini, lebih nyaman mana bekerja di kantor atau di rumah? 

pertama, saya akan bahas yang berkaitan dengan dunia pendidikan karena ini pekerjaan saya.

Bagi guru bekerja di kantor, atau mengajar di sekolah lebih nyaman dan efektif. Mengapa? Guru dan murid adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Belajar dan mengajar adalah kegiatan berinteraksi yang sebaiknya dilakukan jika saling bertatap muka antara guru dan murid.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline