Lihat ke Halaman Asli

Ruperta M N

Mahasiswa instiki

Miguel Angel Felix Gallardo, Pendiri Kartel Guadalajara

Diperbarui: 19 Januari 2023   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Miguel Angel Felix Gallardo lahir pada tanggal 8 Januari 1946 di Meksiko, dia lulus SMA dan belajar bisnis di perguruan tinggi. Dia bekerja sebagai agen Polisi Yudisial Federal Meksiko dan sebagai pengawal keluarga Gubernur di negara bagian. Sinaloa Leopoldo Sanchez Celis, yang koneksi politiknya sangat luas membantu Miguel Angel Felix Gallardo untuk membangun organisasi perdagangan narkoba. Dan Felix Gallardo membangun organisasi yang di beri nama Kartel Guadalajara.

Julukan EL Jefe de Jefes ("Bos dari atasan") dan di sebut juga EL Padrino ("The Godfader"), EL Padrino adalah salah satu pendiri kartel Legand yaitu kartel Guadalajara pada tahun 1970. Pada tahun 1980 pada masa kejayaannya kartel Guadalajara mengendalikan  sebagian besar perdagangan narkoba di Meksiko dan Koridor di sepannjang perbatasan Meksiko sampai ke Amerika serikat.

EL Padrino ditangkap pada tahun 1989 karena melakukan pembunuhan agen Drug Enforcement Administration (DEA). Dia dihukum dengan 40 tahun penjara  di Altiplano dengan keamanan  maksimum. Tetapi dipindahkan ke fasilitas dengan keamanan menengah pada tahun 2014 karena kesehatanya yang menurun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline