Martapura - Rupbasan Kelas I Banjarmasin melaksanakan kegiatan Deklarasi Janji Kinerja, Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta penandatanganan Komitmen Zona Integritas Tahun 2023 bertempat di Aula Rupbasan Banjarmasin yang diikuti oleh Seluruh Jajaran Rupbasan Banjarmasin pada hari ini, Kamis (26/01/2023).
Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) ini merupakan salah satu cara menata kembali Birokrasi Pemerintahan yang berorientasi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, memotong jalur birokrasi yang selama ini berbelit-belit dan memanjakan masyarakat (pemohon) dengan berbagai fasilitas penunjang dimana harapannya adalah agar masyarakat merasa dimudahkan dalam prosesnya dan cepat terlayani dengan baik.
Kegiatan ini merupakan langkah awal komitmen dan memantapkan jalan untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Deklarasi Janji Kinerja bertujuan mengukuhkan komitmen pegawai untuk bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sedangkan penandatanganan perjanjian kinerja dan Penandatanganan Komitmen Zona Integritas bertujuan sebagai alat kendali kinerja secara berjenjang dan mengimplementasikan 6 area perubahan reformasi birokrasi
Apel Deklarasi Janji Kinerja 2023 dilaksanakan serentak secara virtual yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Faisol Ali dan diikuti oleh seluruh Satuan Kerja di lingkup Kanwil Kemenkumham Kalsel.
Kakanwil Kemenkumham Kalsel,
menyampaikan pesan dalam amanatnya pada kegiatan ini,“Suka tidak suka harus dilaksanakan sebagai komitmen bersama, seluruh jajaran baik di Kantor Wilayah maupun di UPT untuk menuju WBK/WBBM,” ucap Faisol Ali.
Lebih lanjut orang nomor satu di Kantor Wilayah ini menambahkan, menuju WBK/WBBM dituntut adanya perubahan before-after dari komponen pengungkit dan komponen hasil. Perubahan-perubahan itu harus diatur, utamanya pada layanan yang semuanya harus sudah gratis,” pungkasnya.
Dirinya juga meminta agar setiap satuan kerja dapat membuat suatu inovasi dibidang pelayanan yang terinternalisasi dengan baik kepada seluruh jajaran dan bisa berdampak terhadap masyarakat.
Sejalan dengan apa yang disampaikan Kakanwil, Kepala Kantor Rupbasan Kelas I Banjarmasin, Heddry Yadi menyampaikan,“Seluruh jajaran Rupbasan Banjarmasin diharapkan selalu bekerja dengan penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab sehingga dapat memenuhi janji kinerja yang telah dideklarasikan ini“ tutur beliau