Lihat ke Halaman Asli

Membaca Pop Saat Ini

Diperbarui: 4 Februari 2019   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Budaya pop yang tumbuh berkembang melalui media massa dijadikan strategi untuk menciptakan gaya hidup yang mengandung nilai-nilai akan pentingnya kesadaran untuk peduli akan lingkungan. 

Penyampaian itu salah satu medianya bisa melalui musik. Berkaca pada perkembangan musik pop indonesia akhir-akhir ini, masyarakat melalui media massa dihujani dengan salah satu girlband yang berasal dari korea. 

Hal tersebut tidak terlepas dari kecendrungan konsumsi masyarakat milenial akan sesuatu hal sehingga menjadi sebuah gaya hidup, fenomena gaya hidup ini tentunya menembus berbagai kelompok sosial dalam artian dari yang tidak menyukai menjadi suka karena secara tidak sadar selalu diperdengarkan musik hasil kebudayaan tersebut. 

Kebiasaan inilah yang nantinya akan menular disebabkan komunikasi yang tercipta saat ini bukan lagi hanya antar individu maupun kelompok, akan tetapi dengan adanya media sosial hal ini bisa menjadi komunikasi massa.

Secara garis besar kebudayaan pop ini bergantung pada masyarakatnya, kebudayaan pop berusaha memberikan solusi maupun merekayasa sesuatu tema sehingga menjadi tren. 

Konteks tren disini pasti akan selalu berubah menjadi suatu isu yang baru maupun memodifikasi hal yang sudah ada, yang pada akhirnya kembali lagi menjadi tren. 

Membaca peluang ini melalui media musik sangatlah mungkin, karena musik pop menawarkan sesuatu hal yang tidak perlu sulit untuk dicerna. Musik yang akan di produksi nantinya akan membawa pesan-pesan yang mengandung bermacam-macam nilai, juga sekaligus sebagai komoditas. 

Penciptaan akan nilai-nilai ini nantinya akan menjadi unsur untuk kemunculan gaya hidup yang baru, dengan menjadikan mereka sebagai pelaku yang dengan sendirinya akan memudahkan penyebaran suatu produk hasil kebudayaan pop.

Contoh kasus yang terjadi di indonesia saat ini yaitu kemunculan kelompok-kelompok musik indie yang sekarang sedikit demi sedikit mulai diminati oleh masyarakat yang umumnya terpelajar. 

Hadirnya The upstairs, the adams, white shoes and the couple company adalah beberapa kelompok generasi pertama yang memulai dari sekian banyaknya faktor peralihan selera masyarakat menuju ke skena musik yang baru. 

Kemunculan payung teduh dengan suguhan instrumennya yang akustik, silampukau dengan tema lagu-lagunya yang bersumber dari kehidupan di surabaya, the sigit dengan rock'n'roll nya menciptakan gaya hidup yang bisa kita lihat secara nyata melalui simbol-simbol yang dihadirkan oleh masyarakat berupa dandanan, gaya, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline