Lihat ke Halaman Asli

Rumondang Ernawati Sitohang

Proud Mom. Bahagia itu jika masih bisa traveling, menulis dan bernyanyi

KSN: Untuk Menjadi Sang Juara, Tak Cukup Hanya Belajar Saja

Diperbarui: 6 Maret 2022   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: dokumen pribadi

Pendaftaran Kompetisi Sains Nasional  sudah dimulai. Apa itu Kompetisi Sains Nasional? Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung tercapainya pemerataan prestasi. 

Selain sebagai sebuah strategi peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan prestasi, kompetisi sains  memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi. Di kancah internasional, Sang Juara KSN  merupakan pelajar yang menguasai bidang sains dan teknologi.

Kompetisi ini sangat bagus. Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang, diharapkan dapat mengeksplorasi kemampuan siswa dalam bidang sains. Akhirnya akan tercapai puncak prestasi terbaik. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains. 

Mereka akan menjadi pelajar yang mumpuni, berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi mewakili Indonesia pada tingkat internasional. Pendaftaran sudah dibuka oleh Pusat Prestasi Nasional yang dimulai sejak tanggal 1-19 Maret 2022. Informasi tentang lomba ini dapat dilihat di https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn/

Bagaimana cara mempersiapkan diri? Saya pernah membaca sebuah buku dan mengambil kutipan yang menarik. Begini bunyinya: kekuatan menendang satu kali dengan seribu kali latihan, lebih dahsyat dari menendang 1000 kali hanya dengan satu kali latihan. 

Apa maksudnya? Dalam ajang KSN tentu hanya orang-orang cerdas yang akan menjadi Sang Juara. Bagaimana caranya? Apakah cukup dengan rajin belajar saja?

Untuk menjadi Sang Juara tidak cukup hanya dengan belajar. Tetapi harus banyak berlatih dan mengikuti berbagai lomba sejenis. Semakin banyak berlatih maka kita akan terbiasa dengan soal-soal. Walaupun soal-soal KSN setiap tahun berbeda tetapi pada dasarnya persis sama. Biasakan berlatih mengerjakan soal. 

Anggaplah saat berlatih, kamu sedang menghadapi lomba sesungguhnya dan jangan langsung melihat ke kunci jawaban (bila ada). Setelah selesai mengerjakan soal dan melihat hasilnya bagus, tentu kamu akan merasa bahagia. Dan ketika salah, maka ulangi lagi sampai kamu benar- benar bisa. Jangan menyerah!

Selain rajin berlatih soal, sering mengikuti lomba sejenis juga membuatmu semakin mahir. Senang rasanya saat melihat hasil lomba, posisi berada di atas. Jadi adik-adik peserta KSN, tetap semangat, rajin berlatih soal-soal dan rajin mengikuti berbagai lomba! Selamat mengikuti Kompetisi Sains Nasional. Jadilah Sang Juara!

Kota Industri, 4 Maret 2022 (16.20)

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline