Lihat ke Halaman Asli

Rumondang Ernawati Sitohang

Proud Mom. Bahagia itu jika masih bisa traveling, menulis dan bernyanyi

Bucin, Bisa Fatal Loh Akibatnya

Diperbarui: 19 Desember 2021   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: internet

Belum lama ini saya menonton sebuah podcast  tentang selebgram Laura Anna. Ada perasaan sedih saat melihat tubuh wanita cantik itu. Kurus, tidak bisa berjalan dan harus digendong untuk dapat berpindah tempat. Badannya lumpuh akibat kecelakaan maut 8 Desember 2019. Tanggal 8 Desember 2021, Laura Anna melalui akun Instagramnya mengucapkan selamat ulang tahun pada sebuah mobil ringsek. Mobil yang ditumpanginya saat kecelakaan maut itu. Mobil yang dikemudikan mantan  pacarnya Gaga Muhammad yang saat itu dalam kondisi mabuk.

Pernahkah kamu mendengar istilah bucin? Apa hubungan podcast, Laura Anna dan bucin? Bucin adalah singkatan dari budak cinta. Seseorang yang tergila-gila pada pacarnya. Menganggap bahwa cinta di atas segalanya. Para bucin dalam kisah asmara mereka, jarang memakai logika. Seakan-akan ia menjadi seseorang yang diperbudak pacarnya sehingga dinamakan budak cinta. Istilah ini awalnya dipopulerkan oleh dua orang kakak beradik yang merupakan YouTuber.  Yaitu Andovi dan Jovi dalam channel YouTube mereka.

Dalam podcast yang saya tonton, Laura Anna mengatakan betapa bucinnya dia saat jatuh cinta pada Gaga Muhammad. Saat itu usia Laura baru 19 tahun. Sangking bucinnya, ATM pun diberikan pada sang pacar. Belum lagi konten viral mereka semasa pacaran. Yang membuat orang menjadi baper saat menontonnya. Bagaimana tidak baper? Gaga Muhammad begitu sayang pada Laura. Laura diberi hadiah mewah saat ulang tahun. Mereka liburan ke Jepang. Dan akhirnya publik  pun tahu dari pengakuan Laura. Ternyata hadiah yang diberikan oleh sang pacar adalah bersumber dari uang Laura sendiri. Sungguh ajaib efek dari bucin.

Setelah kecelakaan maut itu, perlahan tapi pasti sang pacar mulai menjauh. Dan akhirnya mereka putus. Namun Laura bukan wanita cantik, pintar seperti dulu lagi. Laura tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala. Bahkan untuk buang air kecil pun harus pakai kateter urine dan pispot. Hanya jari-jari tangan yang bisa digerakkan. Hidup selebgram cantik ini berubah 180 derajat. Aktivitasnya hanya  dilakukan di tempat tidur dan kursi roda. Apa yang terjadi kalau badan kita tidak bergerak dan berpindah tempat? Duduk dan tidur di tempat yang sama? Ah cari tahu sendiri. Saya tak sanggup menceritakannya.

Tanggal 15 Desember 2021, Rabu pagi akhirnya selebgram Laura Anna tutup usia. Kita tak akan lagi melihat wajah cantik dan senyum manisnya. Gaga Muhammad pun sudah diadili atas kecelakaan tersebut. Tapi semua ibarat judul lagu. Terlambat sudah. Apa pelajaran yang patut dipetik dari kejadian ini? Hidup, mati dan jodoh memang kuasa Tuhan. Tetapi manusia diberikan kemampuan berpikir untuk bisa menggunakan logika. Jangan sampai diperbudak oleh cinta. 

Cinta itu  memang indah. Sampai sampai ada istilah, saat jatuh cinta, kotoran gigi pun rasa coklat. Duh. Tapi cinta yang terlalu dan sampai mengesampingkan logika, sungguh tak layak diteruskan. Bila suatu hubungan memberikan dampak negatif, segeralah putus. Tentu saja atas nama cinta pada  diri sendiri dan keluarga. Jangan diteruskan! Kita  tentu tak ingin menjadi orang yang digelari sebagai bucin kan?

Sebagai orang tua yang mempunyai tiga anak  yang beranjak remaja, saya  sedikit was was. Semoga kejadian ini tidak menimpa anak-anak kita. Kita harus bisa memberikan pemahaman pada mereka bahwa semua orang berhak merasakan cinta. Cinta yang memberikan dampak positif silahkan diteruskan. Cinta yang mampu memberi kemajuan pada diri kita. Bukan cinta yang membutakan. 

Selamat jalan Laura Anna, tenanglah di sisi-Nya. Kamu adalah wanita hebat. Wanita yang mampu memaafkan apa yang terjadi pada hidupmu. Usia 21 tahun memang terlalu singkat. Semua sayang padamu. Tetapi Tuhan lebih sayang lagi. 

Kota Industri, 18 Desember 2021 (05.30 WIB) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline