Lihat ke Halaman Asli

Rumondang Ernawati Sitohang

Proud Mom. Bahagia itu jika masih bisa traveling, menulis dan bernyanyi

Saat Perpisahan Itu Terjadi

Diperbarui: 15 Desember 2021   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Catatan Rumondang Ernawati Sitohang

ASN Jabar Penulis

Ada ungkapan yang mengatakan dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Ungkapan itu benar adanya. Dan hari ini, 14 Desember 2021 sungguh saya merasakan kehilangan yang teramat. Kehilangan pada dua  sosok yang saya kagumi. 

Beliau adalah eks Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sukatani, Bapak Sadikin,S.Pd yang akan bertugas ke tempat yang baru yaitu SMA Negeri 2 Cikarang Selatan. Sosok satu lagi adalah Bapak Cecep,S.Pd,M.Pd. Beliau mendapat jabatan baru sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya.

Rasa kehilangan ini tentu bukan tanpa sebab. Dalam pandangan saya, kebersamaan selama 18 bulan dengan Pak Sadikin amat berarti dan sangat singkat. Terutama saat-saat terakhir ini. Pak Sadikin adalah tipikal pemimpin yang religius, suka humor dan rajin memotivasi. Beliau juga rajin memberikan informasi terkait berbagai lomba yang tentu saja punya tujuan khusus. 

Beliau ingin menambah "nilai jual" sekolah  dengan cara memotivasi guru dan civitas akademika SMA Negeri 2 Sukatani untuk semangat berkompetisi. Dengan berkompetisi dan membawa nama sekolah, secara tak langsung tentu akan memberikan dampak positif. Nama sekolah akan lebih dikenal dalam paradigma positif pula.

Pak Cecep, demikian biasanya saya menyapa rekan kerja saya ini. Bagi saya,  Pak Cecep adalah guru, senior dan motivator saya di SMA Negeri 2 Sukatani. 

Selama kebersamaan dengan Pak Cecep, belum pernah sekalipun beliau menolak bila diminta bantuan. Suka berbagi, rajin mengingatkan, dan tak pernah marah. 

Rekan yang mau memberikan waktunya untuk mendengarkan keluhan. Dan hebatnya, keluhan selalu dibalas dengan kalimat ajaib. "Sudah jangan mengeluh, ayo dikerjakan. Sini kita gerakkan," ucapnya. Saya merasa kehilangan mentor, abang, sahabat sekaligus teman diskusi yang baik .

Malam ini, saya tak bisa menulis  lebih panjang lagi. Hanya kalimat pendek sebagai penutup. Selamat bertugas di tempat yang baru, Pak Sadikin dan Pak Cecep. Kiranya Tuhan memberi segala kemudahan buat Bapak berdua.

Kota Industri, 14 Desember 2021 (23.45 WIB)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline