Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Pebisnis

Diperbarui: 19 April 2016   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Istilah perniagaan sudah sering kita dengar dikalangan masyarakat. Perniagaan sendiri merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk memperoleh keuntungan ataupun manfaat dari suatu produk tertentu. Untuk saat ini, perniagaan/ perdagangan dapat dilakukan secara online. hal ini sering disebut perdagangan elektronik (e-commerce).

Perdagangan elektronik (bahasa inggris: electronic commerce/ e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektonik seperti internet atau televisi, www, maupun jaringan komputer lainnya. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business). E-bisnis tidak hanya sejedar perniagaan/ perdagangan, tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Mahasiswa selain sebagai pelajar diperguruan tinggi bisa juga sebagai aktivis dalam suatu organisasi. meskipun hanya beberapa dari mereka yang mungkin menggunakan waktunya untuk aktif dalam suatu organisasi. Bagi mereka (mahasisiwa/i) yang tidak aktif dalam suatu organisasi kadang memiliki kegiatan sendiri diluar kampus, misalnya bekerja paruh waktu ataupun menjadi mahasiswa kupu-kupu (istilah untuk mahasiswa/i yang hanya kuliah-pulang).

Namun menjadi aktivis bukan berarti tidak dapat bekerja atau melakukan kegiatan bisnis. Berbisnis secara online menjadi salah satu hal yang paling diminati mahasiswa/i. Karena dengan e-bisnis atau e-commerce tidak akan mengganggu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh. Dengan begitu, mereka dapat mengatur waktu antara kuliah, kerja dan organisasi. Selain itu bisnis online ini tidak memerlukan modal besar, cukup dengan laptop/ komputer dan jaringan internet.

Untuk mahasiswa/i yang berminat dalam perdagangan elektronik disarankan untuk tidak mengandalkan kekuatan produk saja, tetapi memperhatikan hal-hal lainnya. Seperti pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, dan sebaiknya untuk desain situs web buatlah semenarik mungkin.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline