Lihat ke Halaman Asli

Rumah ZakatJakarta

Lembaga Amil Zakat indonesia

Belajar dari Alam Sekitar

Diperbarui: 31 Juli 2022   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jakarta. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada hari Selasa (19/07) meninggalkan kesan yang bermakna bagi siswa kelas VI SD Juara Paragon Jaksel. Kali ini para siswa diajak untuk melihat dan mempelajari secara langsung terkait perkembangbiakan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah, baik secara generatif maupun vegetatif.

Pembelajaran diawali dengan pemaparan dan pemberian arahan oleh guru melalui gambar yang telah disiapkan terkait materi pelajaran serta hal-hal yang akan dilakukan oleh siswa berdasarkan pengamatan  keadaan alam sekitar.

Setelah terkondisikan, siswa diajak belajar langsung mengamati tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitar sekolah. 

Siswa dengan sangat antusias mengamati perkembanganbiakan pisang, kunyit, talas, paku-pakuan, pepaya, bunga, pohon mangga, pohon rambutan dan tumbuhan lainnya.

Selain dapat melihat tumbuhan secara langsung, siswa dapat menyentuh serta mencium aroma khas dari bagian tumbuhan yang sedang dipelajari. 

Dokpri

"Saya sangat senang bisa belajar di luas kelas serta bisa mengamati tumbuhan secara langsung," tutur beberapa siswa kepada guru yang mengampu pelajaran yang sedang berlangsung.

Belajar secara langsung di alam terbuka menghadirkan cerita dan pengalaman seru bagi siswa karena siswa memaksimalkan berbagai indera saat mengamati lingkungan sekitar. (Rizki Hasanah)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline