Lihat ke Halaman Asli

Rumah Kayu

TERVERIFIKASI

Catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Lucunya Anak- anak: Serigala Tidak Bisa Makan Babi ! (The Three Little Pigs)

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_313660" align="aligncenter" width="267" caption="Tiga Babi Kecil. Gambar: www.worldstories.org.uk"][/caption] Pernah dengar cerita populer "The Three Little Pigs" ?

CERITA tentang tiga orang babi kecil yang membangun rumah dari bahan yang berbeda- beda, yakni jerami, kayu dan batu bata.

Serigala jahat berhasil meniup dan merusak dua rumah pertama yang dibuat dari jerami serta kayu namun tak berhasil melakukannya pada rumah yang terbuat dari batu bata. Para babi kecil dari rumah jerami dan kayu akhirnya lari dan berlindung di rumah saudaranya yang terbuat dari batu bata dan selamat dari terkaman serigala jahat.

Kisah sangat populer ini diceritakan secara turun temurun kepada banyak generasi, konon bahkan sejak sekitar dua abad yang lalu. Edisi cetak tertua buku ini bertahun 1840 namun ceritanya sendiri diduga sudah ada sejak sebelum itu.

Inti cerita kanak- kanak populer ini mengajarkan tentang perlunya mengupayakan untuk melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan. Membuat rumah dari batu bata, dalam cerita itu, digambarkan sebagai usaha tersulit dan terlama dibandingkan membuat rumah dari jerami dan kayu. Dan hasilnya, babi kecil yang mau bersusah payah membangun rumah bata selamat dari kejaran serigala.

Cerita bagus, dengan pesan yang jelas, namun...

Ha ha.

Adikku terbahak- bahak menceritakan padaku apa yang terjadi ketika dia membacakan buku ini bagi anak- anaknya.

Adikku dan istrinya memiliki kebiasaan membacakan buku cerita bagi anak- anaknya yang berusia TK dan play group sebelum tidur. Lalu, pada suatu hari, mereka memilih buku bergambar Three Little Pigs ini untuk dibacakan.

Dan acara itu gagal total.

Sebab anak- anaknya sangat kritis, ternyata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline