Lihat ke Halaman Asli

Rumah Kayu

TERVERIFIKASI

Catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Siapkan Kantong Kresek Saat Naik Haji

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1408900592620348174

Masukkan kantong kresek dalam daftar yang perlu dipersiapkan untuk keberangkatan haji.

MUSIM haji makin mendekat. Kami sudah menjalani beberapa kali manasik haji, dimana kami mendapatkan penjelasan- penjelasan mengenai ibadah haji dan tata cara pelaksanaannya.

Selain manasik, aku juga berusaha untuk membaca buku- buku yang menerangkan tentang haji, untuk lebih memperdalam lagi pengetahuanku.

Acara naik tangga beberapa tingkat dan menghindari lift untuk mencapai tempat dudukku di kantor sudah mulai kulaksanakan lagi, setelah sempat libur sebulan saat bulan puasa yang lalu.

Dan...

Kebaikan- kebaikan menjelang keberangkatan yang Insya Allah tinggal beberapa minggu lagi terus mengalir.

Seperti menjelang umrah yang lalu, ada saja orang- orang baik di sekitarku yang memberiku ini dan itu. Dulu itu, saat hendak beribadah umrah, kuterima pemberian mukena dan beberapa buah kerudung dari para teman dan sahabat.

Kali inipun begitu.

Belum lama ini, kuterima pemberian dari seorang kenalanku, ibu- ibu seusia ibuku, yang khusus menjahit sendiri sebuah gamis -- baju panjang -- berwarna putih untuk diberikan padaku. Beliau tidak membeli jadi, tapi memintaku bersedia diukur olehnya untuk kemudian dijahitkannya gamis dari kain putih berbordir yang telah dibelinya.

Aku sangat terharu, dan sungkan sekali sebetulnya. Tapi aku tahu, tak bisa menolak pemberiannya sebab ibu itu berkata bahwa sejak mendengar berita tentang keberangkatan hajiku tahun ini, beliau sudah berniat untuk membuatkanku gamis itu.

" Biar gamis ini mewakili saya, " katanya sambil tersenyum, " Saya sendiri tidak ada di sana musim haji ini tapi kalau gamis ini dipakai, saya akan merasa saya juga 'hadir' di sana. "

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline